Jelajah Racikan Cocktail Nusantara di 5 Tempat Ini
Terinsiprasi dari kekayaan hayati Indonesia, beberapa minuman ini menyuguhkan wujud baru dari minuman beralkohol Nusantara, maupun rasa hidangan tradisional yang penuh dengan nostalgia.
28 Sep 2020


 


Gioi Jakarta
Nostalgia pula yang mendorong Mixologist Andi Prassetia yang bernaung di restoran Gioi Jakarta untuk membuat koktail Si Doel. Ia terinspirasi dari masa kecilnya yang kerap menyantap kudapan Dodol Betawi, dan memutuskan untuk menghadirkan dalam suguhan minuman yang menyegarkan. Restoran Indonesia satu ini cukup dikenal dengan sajian makanan tradisional yang diberikan sentuhan modern. Berfokus pada hidangan Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Thailand, Gioi tidak main-main dalam menyajikan rasa yang tegas dan menggunakan rempah-rempah yang dapat menggelitik indra perasa. Sama halnya dengan racikan minuman yang dihadirkan oleh sang mixologist.

 


Koda
Mempunyai reputasi yang mendunia, mixologist asal Jepang, Yutaka Nakashima dikenal piawai dalam meracik koktail yang berakar pada kearifan bahan baku lokal dari setiap kota dan negara yang pernah disinggahinya. Melalui Koda Jakarta, Yutaka menghadirkan sebuah suaka tersembunyi bagi mereka yang ingin menikmati minuman dingin sambil berhenti sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota. Mengusung konsep speakeasy bar, tidak ada menu tertulis di tempat ini, namun Anda tetap dapat mencicipi koktail klasik, ataupun racikan spesial dari Yutaka. Salah satunya ialah Nanas Arrack Sour yang merupakan perpaduan dua hal yang sudah tak asing lagi, nanas dan arak Bali. Bagi Yutaka, kunci sebuah minuman yang enak berada pada kesimbangan rasanya. Rasa arak yang menonjol dipadukan dengan kesegaran dan sedikit sentuhan manis dari buah nanas. (AU) Foto: Prayogo Yoedo / Pengarah Visual: Allysha Nila.


 


 

 

Author

DEWI INDONESIA