Bersiaplah untuk Pameran Retrospektif Christian Louboutin Tahun Depan
Sang desainer sepatu ikonis akan menggelar pameran retrospektif di Paris Februari 2020

Christian Louboutin

Dari sekian banyak fashion item, salah satu yang bisa membuat banyak orang “kecanduan” dan mengoleksinya habis-habisan ialah sepatu. Salah satu yang paling ikonis tentu adalah sepatu-sepatu dengan sol merah rancangan Christian Louboutin.

Sejak pertama kali mendirikan brand sepatunya, Louboutin diperkirakan sudah mendesain sekitar 15.000 pasang sepatu dengan berbagai model. Hingga kini pun, ia masih aktif mendesain sepatu untuk brand-nya. Tak tanggung-tanggung ia bisa mendesain hingga 600 pasang sepatu per tahun!

Melihat produktivitas dan ragam kreasi sepatunya, sebuah pameran retrospektif karya memang hanya hal yang menunggu waktu. Pamerannya itu akan diselenggarakan di Palais de la Porte Dorée, Paris pada Februari 2020 mendatang dan wajib didatangi oleh para pemerhati sejarah fashion pun para kolektor.
 
Sol merah yang menjadi khas sepatu rancangan Louboutin.

Ia akan memamerkan hasil kurasi sepatu-sepatu rancangannya. Termasuk rancangan sepatu yang belum pernah diperlihatkan ke public sebelumnya. Beberapa di antaranya ialah hasil kolaborasi Louboutin dengan para seniman. Salah satunya ialah sepatu yang terbuat dari stained glass hasil kolaborasinya dengan Maison du Vitrail.

Pameran ini pun akan turut memamerkan referensi-referensi yang menginspirasi sang desainer dalam berkarya. Beberapa pelaku kreatif yang menjadi inspirasinya dan sempat berkolaborasi dengan sang desainer antara lain sutradara David Lynch, pasangan desainer Whitaker & Malem, koreografer Blanca Li, serta seniman Lisa Reihana dan Imran Qureshi.

Direktur Musuem of Decorative Arts Paris Oliver Gabet ditunjuk sebagai kurator pameran yang belum diberi judul ini. Dalam tugasnya ini, ia berusaha untuk memilah karya-karya Louboutin yang sekiranya mampu menggambarkan semesta kreatifnya yang kaya dan multi-referensi. Pameran retrospektif Loubutin ini akan diselenggarakan selama lima bulan, dari 25 Februari hingga 28 Juli 2020. (Teks: Shuliya Ratanavara/Foto: Dok. Istimewa.)
 
 

 


Topic

Fashion Exhibition



JOIN OUR COMMUNITY