Inilah Persembahan untuk Ismail Marzuki dalam Konser Millennial Marzukiana
Ananda Sukarlan mengemas karya-karya terpendam Ismail Marzuki untuk kemudian diperkenalkan secara global.

1 / 3

Halo Halo Bandung, Indonesia Pusaka dan Selendang Sutra hanyalah beberapa judul dari banyak karya legenda musik Indonesia, Ismail Marzuki. Tak sedikit pula karya-karyanya masih terpendam dan belum banyak dikenal orang. 

Kaya.ID berkolaborasi dengan Ananda Sukarlan mempersembahkan konser amal bertajuk Jakarta New Year’s Concert 2019 di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta. Mengangkat tema Millennial Marzukiana, karya-karya anak bangsa diperkenalkan lebih luas secara global. Selain itu, konser ini juga merupakan bentuk kepedulian terhadap para penyandang disabilitas di Indonesia. Lebih dari 100 kursi disumbangkan untuk penyandang disabilitas dari berbagai komunitas seperti bisu tuli dan down syndrome.

Kesempatan mengadaptasi karya Ismail Marzuki ke orkes megah sekaligus memperkenalkan karya musisi legenda Indonesia ke ranah musik klasik internasional yang belum mengenal musik Indonesia telah lama menjadi cita-cita Ananda Sukarlan. Ia mengusung strategi Proxy War dalam musik yang telah diterapkan oleh negara-negara Eropa selama berabad-abad.

Dimana misalnya ketika musik Mozart dapat dikenal di seluruh dunia tentu karena para musikus dan orkes di semua negara, termasuk Indonesia, memainkan karya-karya mereka. Hal tersebut telah membantu memperkenalkan produk seni Austria. Ananda Sukarlan berharap partitur karya Ismail Marzuki dapat dibawakan oleh orkes manapun, dirigen manapun, sehingga lagu-lagu Ismail Marzuki dapat dikenal di seluruh dunia. (WHY) Foto:Dok. Kaya.ID

 

 



JOIN OUR COMMUNITY