Siapkan Diri untuk Art Moments Jakarta 2020
Art Moments Jakarta 2020 kembali hadir, memboyong 50 galeri dari dalam dan luar negeri bagi para kolektor Tanah Air.
11 Feb 2020




Setelah sukses menggelar perhelatan perdananya 2019 silam, Art Moments Jakarta kembali akan memeriahkan Ibukota pada 17-19 April 2020 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Hal ini menjadi kabar baik di tengah kabar batalnya gelaran Art Basel di Hong Kong akibat Coronavirus.

Founder and Fair Director Art Moments Art Moment Jakarta Leo Silitonga menyatakan pihaknya tetap akan menyelenggarakan bazar karya seni rupa ini karena memang pasarnya fokus pada kolektor-kolektor Indonesia. Di samping itu Art Moments Jakarta turut melibatkan galeri dan kolektor dari luar negeri, terutama regional Asia Tenggara.

Ada sekitar 50 galeri yang terlibat dalam gelaran acara ini dengan komposisi separuh berasal dari dalam negeri dan separuh lainnya berasal dari luar negeri. Leo menjelaskan, 50 menjadi sweet spot bagi penyelenggara, pembeli, dan galeri peserta. Dengan kata lain, dengan jumlah itu Art Moments kurang lebih bisa menyeimbangkan permintaan dan ketersediaan.

Nantinya, ke-50 galeri tersebut akan menghadirkan ragam karya dengan berbagai gaya. Baik itu kontemporer maupun tradisional atau konvensional. Leo mengatakan keduanya akn dipamerkan berdampingan, demi memberi pengalaman visual yang beragam dan inklusif. Hal ini diharapkan bisa memberikan pengalaman baru dan membaurkan selera pengunjung dengan mengekspos karya seni kepada audiens yang biasanya tak menjadi target pasarnya.

Bukan hanya memamerkan karya-karya dari galeri peserta, tahun ini Art Moments Jakarta juga hendak memberikan beberapa pengalaman bagi para pengunjung. Artistic Director Art Moments Jakarta, Khai Hori menjelaskan beberapa program baru yang sudah disiapkan.

Pertama, ada “Intimate Moments” di mana pengunjung bisa menikmati pertunjukan seni secara intim langsung dengan seniman di satu kamar hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Ada pula “Converse Moments” yang memungkinkan pengunjung duduk dan berdiskusi langsung dengan para seniman, kurator, produser film, serta pengrajin profesional. Dua nama yang akan turut mengisi sesi ini antara lain Catherine Halim dan Angga Sasongko.

Ketiga, ada “Prized Moments”, yaitu ajang apresiasi kepada lima seniman yang usianya di bawah 30 tahun. Apresiasi ini diberikan dalam bentuk “Ribbon of Excellence”, sekaligus menandakan karya Mereka sebagai salah satu yang wajib disorot dalam ajang Art Moments Jakarta 2020. Terakhir, ada “Maker Moments” atau program lokakarya untuk memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung. Untuk program ini, Art Moments Jakarta menggandeng Jakarta Sneakers Day yang akan mengajak peserta menghias atau mengeksplorasi fungsi sneakers.
 
Salah satu karya sorotan di Art Moments Jakarta 2020 dari Mochtar Sarman.


Memancing Minat
Di tiap-tiap gelaran art fair di Indonesia, salah satu tantangan terbesarnya adalah memancing minat pengunjung dan mengonversinya jadi pembelian. Untuk itu, salah satu yang dilakukan Art Moments Jakarta 2020 adalah coba menghadirkan beberapa pilihan karya dengan nuansa yang lebih pop dan mudah dicerna.

Salah satunya adalah seri lukisan karya Mochtar Sarman. “Temanya adalah ‘Victory’, menampilkan sosok-sosok pemimpin yang menjadi legenda di dunia nyata,” kata Mochtar di sesi Media Gathering Art Moments Jakarta 2020, Selasa 11 Februari 2020.

Terdiri dari enam karya, seri lukisannya itu merupakan repoduksi lukisan-lukisan klasik yang ia olah kembali dengan gayanya dan unsur urban. Salah satunya adalah lukisan “Napoleon Crossing the Alps” karya Jacques-Louis David yang ia modifikasi dengan gayanya, termasuk memasukkan elemen modern seperti mengganti sepatu bot Sang Jenderal dengan sepatu Air Jordan 1. Tak lupa pula membubuhkan efek tiga dimensi untuk memberikan pengalaman visual yang berbeda bagi pengunjung dan kolektor.

Pendekatan ini ia lakukan untuk membuat para audiens dan pencinta seni muda lebih mudah berelasi dengan karyanya. Baginya, hal itu juga merupakan caranya memperkenalkan karya klasik dengan kacamata modern sekaligus sebagai sebentuk penghormatan bagi karya-karya klasik lainnya. (SIR). Foto: Art Moments Jakarta, Shuliya Ratanavara.



 

 


Topic

Art Exhibition

Author

DEWI INDONESIA