Siapkan Diri untuk Art Moments Jakarta 2020
Art Moments Jakarta 2020 kembali hadir, memboyong 50 galeri dari dalam dan luar negeri bagi para kolektor Tanah Air.
11 Feb 2020


Salah satu karya sorotan di Art Moments Jakarta 2020 dari Mochtar Sarman.


Memancing Minat
Di tiap-tiap gelaran art fair di Indonesia, salah satu tantangan terbesarnya adalah memancing minat pengunjung dan mengonversinya jadi pembelian. Untuk itu, salah satu yang dilakukan Art Moments Jakarta 2020 adalah coba menghadirkan beberapa pilihan karya dengan nuansa yang lebih pop dan mudah dicerna.

Salah satunya adalah seri lukisan karya Mochtar Sarman. “Temanya adalah ‘Victory’, menampilkan sosok-sosok pemimpin yang menjadi legenda di dunia nyata,” kata Mochtar di sesi Media Gathering Art Moments Jakarta 2020, Selasa 11 Februari 2020.

Terdiri dari enam karya, seri lukisannya itu merupakan repoduksi lukisan-lukisan klasik yang ia olah kembali dengan gayanya dan unsur urban. Salah satunya adalah lukisan “Napoleon Crossing the Alps” karya Jacques-Louis David yang ia modifikasi dengan gayanya, termasuk memasukkan elemen modern seperti mengganti sepatu bot Sang Jenderal dengan sepatu Air Jordan 1. Tak lupa pula membubuhkan efek tiga dimensi untuk memberikan pengalaman visual yang berbeda bagi pengunjung dan kolektor.

Pendekatan ini ia lakukan untuk membuat para audiens dan pencinta seni muda lebih mudah berelasi dengan karyanya. Baginya, hal itu juga merupakan caranya memperkenalkan karya klasik dengan kacamata modern sekaligus sebagai sebentuk penghormatan bagi karya-karya klasik lainnya. (SIR). Foto: Art Moments Jakarta, Shuliya Ratanavara.



 

 


Topic

Art Exhibition

Author

DEWI INDONESIA