5 Pilihan Tanaman Indoor yang Membantu Menurunkan Polusi Udara
Beberapa diantaranya bisa jadi sudah ada di rumah kamu.
7 Jul 2020



 




Penelitian telah menunjukan bahwa tanaman dalam ruangan dapat meningkatkan mood, produktivitas, mengurai stres, sakit tenggorokan, membersihkan udara hingga meningkatkan oksigen dan menyerap racun. Investasi pada tanaman indoor sama dengan berinvestasi untuk kesehatan, apalagi kalau kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Berikut adalah 5 tanaman yang telah terbukti meningkatkan kualitas hidup. 

Monstera 

Dikenali melalui daunnya yang besar, tanaman Monstera sangat cocok untuk tempat yang lembab dan iklim hangat. Monstera dapat meningkatkan kualitas udara melalui daunnya yang besar dan bertekstur tertutupi oleh pori-pori kecil yang menyerap karbon dioksida. Daun besarnya yang berlilin juga seperti penjebak debu. Debu yang biasanya jatuh ke lantai akan jatuh di permukaan daun dan mudah dilap, dengan demikian kita menghirup udara yang bersih. Selain itu penelitian telah menunjukkan bahwa warna hijau dapat membuat orang merasa waspada. Karena itu tanaman hijau besar, seperti Monstera, baik untuk dimiliki di ruang keluarga dan kantor karena membantu kita merasa bersemangat dan produktif. 

 

 

 

Spider Plant 



Tanaman indoor yang mudah tumbuh, tanaman yang bernama Spider ini cukup populer karena kapasitas pemurnian udara dan sifatnya seperti obat. Tanaman ini sangat efektif dalam menghilangkan bahan kimia berbahaya dari udara seperti karbon monoksida dan formaldehida. Formaldehida umumnya dapat ditemukan dalam produk plastik, kayu, dan barang dengan material kulit. Mereka juga memiliki tingkat transpirasi yang tinggi hingga dapat menyerap air melalui akarnya dan mengedarkan kelembaban melalui batang dan daun, yang dapat meningkatkan kelembaban. Meningkatnya kelembaban mengurangi risiko beberapa penyakit pernafasan, seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan gejala mirip flu. Menanam Spider Plant di rumah atau kantor membantu mencegah penyakit-penyakit tersebut dan membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

 

 


 

Snake Plant


 



Salah satu tanaman termudah untuk tumbuh dan berkembang pada cahaya rendah, Snake Plant adalah tanaman yang sangat baik untuk pemurnian udara dan menghilangkan racun berbahaya. Hal yang unik dari tanaman ini adalah kemampuannya untuk menyerap banyak karbon dioksida dan melepaskannya sebagai oksigen di malam hari. Karena kemampuannya untuk membuat oksigen di malam hari, Snake Plant sangat ideal untuk ditempatkan di kamar supaya meningkatkan sirkulasi oksigen saat kita tidur.

 

 


Chinese Evergreen (Aglaonema)


 



Dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan kemampuannya untuk menyaring polusi udara dan racun. Tanaman ini juga mengeluarkan oksigen yang membantu dalam meningkatkan produktivitas dan memperkaya kesehatan dan well-being di ruang keluarga dan kerja. Chinese Evergreen juga dikenal untuk meningkatkan mood, konsentrasi, memori, dan mengurangi stres dan kelelahan.


 

 

 


Pothos 

 


 

Berkembang dengan cahaya rendah, tanaman ini berfungsi untuk memurnikan udara dari bahan kimia formaldehida, benzena, dan karbon monoksida, yang umumnya ditemukan dalam produk rumah tangga dan sekaligus membantu menghilangkan bau. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kelembaban, yang telah dibuktikan dapat melindungi kita dari dingin/flu dan influenza karena virus tidak dapat menular dengan mudah di udara lembab. Pothos juga dapat membantu mengurangi iritasi mata setelah berhari-hari menatap layar dan juga menjaga kulit kita tetap terhidrasi. (HP) 


 

 


Topic

Home

Author

DEWI INDONESIA