Hidajat Endramukti Menampilkan Aksen Lokal Dengan Gaya Internasional
Hidajat Endramukti menampilkan desain karpet de stijl beraksen lokal dalam kolaborasinya dengan Moire.

Mengangkat aksen lokal dengan de stijl, desainer Hidajat Endramukti memberikan fleksibilitas dalam hal pola dan eksplorasi gaya. De stijl sendiri adalah bahasa Belanda yang berarti “gaya” yang merupakan gerakan artistik Belanda pada tahun 1917. Gerakan artistik ini dapat ditemukan di beberapa bangunan pra-kemerdekaan yang pada dasarnya menyajikan abstrak murni dan minimisasi untuk mencapai bentuk dan warna-warna penting dalam desain.

Selama proses interaksinya dengan de stijl, Hidajat Endramukti termotivasi untuk menggali lebih jauh desain karpetnya dalam kolaborasinya dengan Moire. Menurutnya, karpet bukan hanya mengenai hal warna dan bentuk, tetapi juga merupakan nuansa pendukung elemen interior lain.

Dalam kolaborasinya dengan Moire, Hidajat Endramukti memproyeksikan ini sebagai sebuah pertemuan internasional-lokal dalam proses artistik de stijl. Permukaan, warna dan garis kecil bernuansa internasional dipadankan dengan pola batik sebagai aksen. Kedua elemen yang kontras ini berhasil ditumpahkan dalam desain Hidajat dan menghasilkan keseimbangan visual dengan sentuhan yang artistik, hangat dan penuh karakter. Aksen lokal dalam desain de stijl cukup terlihat namun tetap berfungsi sebagai pelengkap dan menjadikan kolaborasi ini unik dan kaya karakter. (IDP) Foto: Dok. Moire

 

 



JOIN OUR COMMUNITY