Pesona Rasa Buah Nusantara di 1945 Restaurant
Restoran 1945 hadirkan keeksotisan citarasa buah-buahan nusantara dalam fine dining


Apel Malang
1 / 3
Merupakan negara dengan iklim tropis, Indonesia mempunyai ragam buah-buahan yang menawarkan rasa-rasa unik. Terinspirasi dari keragaman cita rasa nusantara dan menonjolkan eksotika buah-buahan khas Indonesia, 1945 Restaurant yang terletak di Fairmont Jakarta menghadirkan menu bertemu Flavours of Indonesian Archipelago. 

Rangkaian menu ini merupakan kreasi Chef de Cuisine Ahitiya Julisandi. Hidangan santap malam yang terdiri dari delapan jenis makanan ini akan dimulai dengan tiga set amuse bouce untuk membangkitkan selera. Amuse bouche terdiri dari 'Rambutan' yang terbuat dari potongan rambutan rapiah segar yang dimasak perlahan, dan dilengkapi dengan poached butter prawn dengan honey mustard, keripik ubi yang didehidrasi, wijen dan rambutan gel. Kemudian menu "Salak" terdiri dari buah salak segar yang didiolah dengan jus lemon dan tomat hijau sehingga menyerupai dabu-dabu. Saus salak kemudian disandingkan dengan tiram atau oyster yang telah digoreng dengan adonan tempura. Amuse bouche terakhir adalah “Pisang” yang terisnpirasi dari hidangan Pisang Roa asal Manado. Untuk hidangan ini, Chef Adhit menggunakan pisang raja yang masih muda dan ikan roa yang diasap selama lima hari. Daging ikan roa disajikan diatas pisang dan kulit ikan roa dibuat sambal.

Untuk hidangan pembuka atau appetizer, tamu akan dimanjakan dengan cita rasa “Apel Malang” yang segar. Menu ini terdiri dari saus apel malang yang dimasak dengan gula aren, kayu manis dan cengkih. Hidangan dilengkapi dengan Aranchini yang terbuat dari rajungan yang dicampur dengan nasi dan tinta cumi, puree singkong dan keripik sago. Appetizer selanjutnya adalah “Bengkuang” yang diplikasikan dalam hidangan lumpia basah, lengkap dengan acar lokio dan saus tamarind.

Di menu utama, chef Adhit menggunakan “Manggis” yang diolah dengan saus kari dan bubuk kemangi. Saus manggis disajikan dengan bebek yang sudah di dry-aged selama tujuh hari dilam mantau goreng yang crispy.

Berbicara buah-buahan nusantara tak lengkap tanpa “Durian”. Dalam rangkaian menu ini, durian diferementasi untuk selanjutnya diolah dengan cabai dan rempah-rempah, atau yang dikenal dengan tempoyak. Tempoyak duren disajikan dengan ikan halibut yang dipanggang dengan teknik memasak salt-baked, dan dilengkapi dengan tumis bunga papaya, pure jagung jagung bakar dan gohu mangga muda.

Menu spesial kali ini ditutup dengan “Pineapple Cake” yang terinspirasi dari kue nastar. Nastar versi 1945 terdiri dari bolu nanas yang dilapisi selai nanas, nastar crumble, gel markisa, tuille kelapa dan sorbet gula merah.

Para tamu dapat menikmati set menu istimewa ini di 1945 Restaurant mulai tanggal 27 Juni 2019. (AU) Foto: Dok. Fairmont Jakarta

 

Author

DEWI INDONESIA