Adrie Basuki Kreasikan Ulang Pakaian Bekas menjadi 40 Tampilan Busana Stylish
Bersama Uniqlo, 40 looks yang dikreasikan Adrie Basuki dengan teknik upcycle bagai menghidupkan kembali pakaian bekas pakai dalam versi baru yang stylish
3 Oct 2022



Proses upcycle atau pemanfaatan barang bekas seperti kain atau sisa tekstil atau pakaian bekas pakai menjadi barang yang baru kini memang semakin populer. Namun tak semua bisa menghasilkan busana upcycle yang stylish dan mengundang decak kagum yang melihatnya. Kolaborasi UNIQLO dengan desainer Adrie Basuki yang bertajuk “RE.UNIQLO: Remake Project” tentu termasuk yang berhasil.
 
Melalui proyek kolaborasi dengan Adrie Basuki ini, UNIQLO menampilkan 40 pakaian upcycled yang telah didaur ulang dari pakaian yang sudah tidak terpakai. “RE.UNIQLO: Remake Project” bertujuan menginspirasi masyarakat agar menyadari pentingnya konsep keberlanjutan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari sebagai salah satu aksi nyata dalam melindungi bumi, mendukung sesama manusia, dan berkontribusi untuk masyarakat yang diwujudkan dengan pengalaman yang berbeda.

Representasi lima elemen

Beberapa looks yang mewakili elemen Bumi di kreasi Adrie Basuki yang bertema “Godai”

Bagai memberi kesempatan kedua bagi pakaian bekas pakai, desainer Adrie Basuki mengkreasikannya kembali menjadi 40 looks yang tak hanya berdaya guna, tetapi juga begitu bergaya. Desain pakaian upcycle baru dari UNIQLO dan Adrie Basuki bertema “Godai” yang merepresentasikan lima elemen alam dalam budaya Jepang
 
Semua looks yang dikreasikan Adrie Basuki tersebut mewakili elemen Bumi (Earth), Air (Water), Api (fire), Angin (Wind), serta Langit (Sky).  Keseluruhan pakaian tersebut dihasilkan dari proses daur ulang dengan teknik recycle dan upcycle yang materialnya menggunakan sekitar 70% pakaian UNIQLO yang tidak terpakai yang dikumpulkan dari para pelanggan melalui RE.UNIQLO box yang tersedia di seluruh toko UNIQLO di Indonesia.

Nyawa kedua pakaian bekas pakai

Representasi elemen angin dalam koleksi upcycle dari proyek RE.UNIQLO: Remake Project, kolaborasi UNIQLO dan Adrie Basuki

Daniel Pieter, Marketing & E-Commerce Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia), menyebutkan bahwa RE.UNIQLO: Remake Project merupakan salah satu implementasi dari program RE.UNIQLO dalam memberikan nyawa baru pada koleksi LifeWear favorit agar bisa dimanfaatkan secara jangka panjang.
 
“Proyek ini juga mempertegas inisiatif Neighborhood Collaboration sebagai upaya serius untuk memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis lokal dan UKM dalam mengembangkan potensi dan konsep bisnis yang berkelanjutan agar bisa berkontribusi bersama untuk lingkungan,” lanjutnya.
 
Tak hanya terkagum-kagum dengan kreasi Uniqlo x Adrie Basuki ini, siapa pun pasti akan tergerak untuk memiliki salah satu (atau semua) koleksi ini. Sayangnya, proyek kolaborasi ini hanya untuk dipamerkan di toko-toko Uniqlo, sebagai contoh aksi nyata serta inspirasi bahwa dengan kreativitas serta keterampilan, pakaian bekas pakai pun masih bisa dimanfaatkan kembali menjadi busana yang lebih stylish.

 
MARDYANA ULVA
Foto: UNIQLO Indonesia

 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA