Adrie Basuki Keluar Menjadi Pemenang Pertama LPM 2021
Setelah melalui proses penjurian yang panjang, Lomba Perancang Mode 2021 akhirnya menetapkan Adrie Basuki sebagai pemenang pertama sekaligus penerima APR Award tahun ini.
27 Nov 2021



Tahun ini, Lomba Perancang Mode digelar secara semarak. Bekerja sama dengan Asia Pacific Rayon (APR), Lazada dan Isituto Marangoni, serta mengangkat tema besar "Esensi Indonesiana”. Merupakan tema yang diangkat untuk menantang para peserta menciptakan koleksi berbasis gaya kontemporer khas Indonesia. Ratusan karya yang masuk ke panitia tak hanya mengeksplorasi kekayaan budaya Indonesia, tapi juga gaya hidup modern kaum urban Indonesia, baik dalam bentuk warna, motif, maupun siluet.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, terpilih 20 semifinalis yang kemudian harus bertarung lagi menampilkan karya terbaik mereka dalam menerjemahkan tema serta penggunaan kain viscose-rayon di dalam koleksi. Merupakan sebuah tantangan baru yang diberikan Asia Pacific Rayon (APR) kepada para peserta karena pada dasarnya kain ini bertekstur lembut serta dihasilkan dari serat natural berkelanjutan. Tentunya hal ini menantang para peserta untuk dapat menerjemahkan ide desain dengan kain viscose-rayon ke dalam tema serta bagaimana karya mereka dapat diaplikasikan untuk busana sehari-hari. Bagi yang paling matang menerjemahkan ide dan desain, APR juga akan menghadiahkan APR Award kepada salah satu peserta terbaik. 

Dari 20 semifinalis, tersaringlah 10 finalis yang akhirnya menampilkan kreasi mereka di panggung Jakarta Fashion Week 2022. Sungguh beragam dan penuh identitas diri masing-masing karya yang ditampilkan oleh peserta. Hal ini membuat para juri yang terdiri dari Sheila Rachmat (Head of Marketing Communications Asia Pacific Rayon), Athina Tokan (Senior Category Manager Women's Shoes and Clothing Lazada Indonesia),  Lisa Malonda (Indonesia Representative Istituto Marangoni), Denny Wirawan (desainer dan alumnus LPM), Hian Tjen (desainer dan alumnus LPM), serta Jessica Esther (Senior Fashion Editor Majalah Dewi) cukup sulit menentukan siapa yang akan keluar menjadi pemenang.

Kreasi Adrie Basuki yang dinobatkan menjadi pemenang pertama dan penerima APR Award.


Berdasarkan penilaian dari beberapa segi faktor, akhirnya dengan mantap Dewan Juri menetapkan Adrie Basuki sebagai pemenang pertama sekaligus penerima APR Award. Koleksi Adrie Basuki yang bertajuk Sulah Nyanda berhasil merebut hati para juri baik dalam segi konsep sampai eksekusi yang dikreasikan begitu rupa oleh desainer asal Bogor tersebut. 
 

Widi Asari keluar sebagai juara kedua Lomba Perancang Mode 2021.


Dewan Juri juga menetapkan Widi Asari dengan koleksi bertajuk Beri Aku Waktu sebagai pemenang kedua, disusul Matias Abednego dengan koleksi bertajuk Sebagai Kawan sebagai pemenang ketiga. Gabriella N.D. dengan koleksi The Way We Know berhasil mencuri perhatian publik lewat proses voting sehingga keluar sebagai Juara Favorit.
 

Wajah tokoh wayang menjadi inspirasi utama Matias Abednego dikreasikan sedemikian rupa hingga berhasil meraih juara ketiga.


Sebagai pemenang pertama, Adrie Basuki juga berhak menerima hadiah berupa short course dari Isituto Marangoni. APR juga memberikan apresiasi berupa kain serat rayon yang bahan bakunya diproduksi perusahaan dengan total nilai hadiah untuk para pemenang 1,2 dan 3 mencapai 45 juta rupiah.
 

Gabriela N.D. menjadi juara favorit lewat hasil voting penonton.


Saksikan lagi tayangan Final Lomba Perancang Mode 2021 di kanal Youtube Jakarta Fashion Week. (JE) Foto: dok. Jakarta Fashion Week.

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA