Adrie Basuki Pamerkan Koleksi Pakaian Hangat dari Daur Ulang Kain Perca Marmer di Pameran Trade International Pure London
Pakaian hangat dalam koleksi ini dibuat dari kain daur ulang perca marmer yang memberdayakan perempuan
15 Feb 2023




Pemenang pertama Lomba Perancang Mode – Jakarta Fashion Week 2021, Adrie Basuki, memamerkan koleksi Kain Circular Zero Waste di Pameran Trade International di Pure London pada 12-14 Februari 2023 lalu. Pameran ini diselenggarakan di Olympia London dan bekerja sama dengan KBRI London dan Kementrian Perdagangan Indonesia. 

Dalam pameran ini, Adrie Basuki memamerkan koleksi pakaian musim dingin yang terdiri dari jaket, sweater, dan luaran hangat. Pakaian dalam koleksi ini terbuat dari kain daur ulang perca marmer (marble patchwork) yang terinspirasi dari pengolahan limbah plastik. Olahan kain perca marmer ini merupakan hasil eksplorasi Adrie Basuki saat mengikuti Lomba Perancang Mode Jakarta Fashion Week 2021. Selain itu, kain ini juga merupakan kain daur ulang Indonesia yang selalu menjadi fokus utama di loka karya Adrie Basuki.

Dalam proses pembuatan koleksinya, Adrie Basuki juga menerapkan prinsip fashion yang berkelanjutan dengan mempertahankan sentuhan tangan dan pemberdayaan perempuan dengan berkolaborasi dengan Komunitas Ibu di Kampung Perca Bogor. Komunitas ini membantu pembuatan kain perca marmer yang menjadi ciri khas Adrie Basuki dengan melakukan proses quilting, yaitu proses menjahit dengan cara menyatukan atau menggabungkan potongan kain perca sesuai dengan desain yang telah dibuat.  

Keikutsertaan Adrie Basuki dalam Pameran Trade International di Pure London ini bertujuan untuk memperkenalkan olahan kain daur ulang Indonesia secara berkelanjutan, terutama dalam memberikan berkontribusi untuk mengurangi limbah kain dari industri fashion. Selain itu, Adrie Basuki juga berharap agar produk-produk fashion Indonesia yang memiliki prinsip berkelanjutan bisa lebih dikenal dan diterima di pasar global.

 

CARRA NETHANIA

Foto: Adrie Basuki

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA