Atasi Sampah Plastik, Danone-AQUA dan H&M Indonesia Perkuat Bottle2Fashion
Dalam upaya membangun solusi inovatif atas sampah plastic di Indonesia, Danone-AQUA dan H&M Indonesia luncurkan kampanye “Cleaning-Up for the Future”
27 Aug 2020




Penggunaan plastik yang semakin meningkat dan pengolahan limbah plastik yang belum maksimal menjadi isu yang telah menghantui sejak lama. Dalam upaya untuk membangun solusi akan sampah plastic di Indonesia, Danone-AQUA bersam H&M Indonesia memperkuat inisiatif bottle2fashion dengan meluncurkan kampanye daring bertajuk “Cleaning-Up for the Future” Kampanye ini dilaksanakan melalui produksi koleksi pakaian anak-anak yang terbuat dari daur ulang botol plastic bekas. Koleksi tersebut juga akan dipasarkan di situs gerai penjualan H&M yang tersebar di seluruh dunia termasuk Eropa, Amerika Serikat, Asia, Afrika, dan negara-negara di Oseania.
 
Inisiatif bottle2fashion merupakan bentuk kemitraan Danone-AQUA dan H&M Indonesia untuk memperkenalkan proses produksi yang sirkular dengan memanfaatkan botol plastik bekas sebagai bahan baku yang lebih berkelanjutan dan memanfaatkannya kembali menjadi produk fesyen yang dapat dikenakan sehari-hari.
 
“Bersama mitra LSM, kami pun melibatkan masyarakat, anak usia sekolah, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat untuk mulai memilah sampah dan membawanya ke bank sampah masyarakat, bank sampah sekolah, maupun pengumpul sampah plastik yang turut kami berdayakan, sebagai bagian dari ekosistem pengumpulan dan daur ulang,” tutur Senior Sustainable Packagaing Manager Danone Indonesia, Ratih Anggraeni.
 


Inisiatif ini diinisiasi sejak tahun 2017 bersamaan dengan peresmian Alliance for Marine Plastic Solutions Forum (AMPS) oleh Kementeriaan Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai bentuk komitmen kedua perusahaan dalam mendukung upaya Pemerintah Indonesia mengurangi 70% sampah di lautan pada tahun 2025, serta upaya menekan pencemaran plastic hingga mendekati nol pada tahun 2040.
 
Keseluruhan rantai pasok dari koleksi pakaian anak-anak ini mencerminkan upaya Danone-AQUA dan H&M Indonesia yang secara konsisten menciptakan solusi inovatif atas isu sampah plastik di lautan secara holistik, di mana manfaatnya tidak hanya bagi Indonesia, tapi dapat dirasakan oleh seluruh dunia.
 
“Kami sangat bangga akhirnya bersama Danone-AQUA dapat meluncurkan kampanye Cleaning-Up for the Future ini, untuk mewujudkan visi menjadi 100% sirkular sekaligus menggunakan sumber daya terbarukan. Koleksi pakaian anak-anak berbahan dasar hasil daur ulang botol plastik bekas ini juga merupakan upaya mencapai ambisi H&M untuk 100% menggunakan material daur ulang dan berkelanjutan pada tahun 2030,” ungkap Communications Manager, H&M Indonesia, Karina Soegarda.
 
Koleksi ini akan tersedia melalui situs resmi H&M Indonesia dan juga 12 toko H&M yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Bandung dan Bali. (AU) Foto: Unsplash, istimewa


 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA