Batik Koleksi Khusus, Bentuk Kepedulian untuk Desa Mauk
Dana yang terkumpul dari penjualan akan digunakan untuk mencegah stunting di Desa Mauk, Provinsi Banten.
25 Mar 2022



Jika mendengar kata “stunting,” barangkali sebagian pembaca akan merasa bahwa hal ini merupakan pengalaman jauh yang tak terbayang akan terjadi pada diri kita dan keluarga. Stunting, atau masalah gizi kronis, terjadi akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Meski isu ini terbilang jarang dibicarakan, realitanya hingga saat ini  Indonesia masih menghadapi masalah stunting.

Termasuk yang tertinggi di Asia Tenggara

Laporan Asian Development Bank di tahun 2020 menyebutkan bahwa prevalensi stunting di Indonesia berada pada urut 2 tertinggi di Asia Tenggara, yakni mencapai 36% atau 8,2 juta anak. Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang (2021) menyatakan ada 4.000 lebih anak balita (0-59 bulan) di Kabupaten Tangerang menderita stunting dan tidak dapat tumbuh kembang secara normal karena sanitasi yang buruk dan rendahnya kesadaran masyarakat untuk hidup bersih. Kondisi ini mengancam hilangnya generasi muda yang sehat. 

Bentuk kepedulian untuk Desa Mauk

Salah satu daerah di Indonesia yang masyaraktnya masih mengalami masalah stunting yaitu Kecamatan Mauk di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Kondisi tempat tinggal warga yang kurang layak juga berkontribusi pada permasalahan stunting di sana. Guna membantu menuntaskan permasalahan ini di daerah tersebut, Habitat for Humanity Indonesia, Alleira Batik, dan The Sultan Hotel & Residence Jakarta berkolaborasi menghadirkan sebuah proyek amal dalam bentuk penjualan busana batik koleksi khusus.

Fashion show amal

Dalam kolaborasi ini, Alleira menyajikan batik koleksi Ramadan dan Hari Raya dengan Theme Blossom Chic yang terinspirasi dari bunga-bunga yang bermekaran di musim spring dengan siluet dress tunik, overcoat, kaftan berlengan puff dan lainnya. Koleksi ini pun diperagakan oleh para ibu Kedutaan Besar dan philanthropist dalam fashion show yang digelar di The Sultan, pada Rabu (23/3/2022) lalu.
 
Penjualan batik akan diperuntukkan untuk membangun sekitar 25 sanitasi di 2 desa di Mauk, Tangerang sebagai upaya pencegahan stunting.  Bagi Anda yang juga ingin berkontribusi dalam proyek amal ini, silakan kunjungi @habitat_id untuk info lebih lanjut dan mendapatkan info e-katalog untuk pembelian Alleira Batik hingga April 2022.
 

MARDYANA ULVA
Foto: Habitat for Humanity Indonesia

 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA