Cara Mencuci Gym Wear atau Pakaian Olahraga
Ketahui apa saja yang tidak boleh Anda lakukan agar pakaian olahraga tidak rusak.
6 Jul 2020



Sering mendapati pakaian olahraga Anda, yang mungkin harganya tidak murah karena segala macam teknologi high performance-nya, jadi kendur, keriting, atau rusak, meski mungkin tidak sesering itu Anda gunakan? Bisa jadi cara Anda mencuci dan merawatnya yang jadi masalah. Simak beberapa tip berikut ini untuk mencegahnya.

Jangan Pernah Menggunakan Pelembut Pakaian.
Ini adalah satu nasihat utama yang diberikan oleh tim Nike kepada para pembeli produknya di toko. Pakaian olahraga biasanya memiliki bahan elastis seperti lycra, dan penggunaan pelembut pakaian akan “melemaskan” sifat elastis ini sehingga pakaian jadi kendur.

Gunakan Air Dingin.
Lagi-lagi bahan elastis tidak suka dengan suhu panas karena suhu panas bisa memecah dan merusak bahan tersebut, dan menyebabkan pakaian jadi menciut. Maka selalu cuci pakaian olahraga dengan air dingin.

Balik Pakaian saat Dicuci.
Balik pakaian olahraga Anda (sisi dalam berada di luar) sebelum mencuci. Biasanya bakteri lebih banyak menempel di bagian dalam pakaian Anda.

 


Hindari Penggunaan Deterjen terlalu Banyak.
Mungkin Anda mengira bahwa dengan menambahkan lebih banyak deterjen, maka bau asem pada pakaian olahraga akan menghilang, namun justru kebalikannya. Sifat pakaian olahraga umumnya menahan dan menangkal air (keringat) sehingga Anda tetap kering sepanjang latihan, maka hal ini berlaku juga pada air cucian. Terlalu banyak menggunakan deterjen justru akan menyebabkan penumpukan bahan kimia dan memerangkap bakteri penyebab bau di dalam kain, sehingga pakaian akan lebih cepat bau saat selesai dicuci dan dikeringkan. Gunakan deterjen dengan takaran yang lebih sedikit dari yang dianjurkan di kemasan.

Cuci dengan Lembut.
Jika memungkinkan, cuci dengan tangan. Jika malas atau tak ada waktu, gunakan moda putar yang paling pelan atau paling rendah pada mesin cuci. Ingat selalu gunakan air dingin, dan selalu cuci dengan bahan sejenis. Jangan mencampur pakaian olahraga dengan pakaian lain yang lebih berat seperti celana jeans karena bisa ‘menarik’ pakaian olahraga saat diputar di dalam mesin cuci. (Margaretha Untoro) Foto: Andrea Piacquadio, Gratisopgraphy (Pexels).


 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA