Dari Film Christopher Nolan ke Kehidupan Nyata
Jam tangan Khaki Navy BeLOWZERO dibayangkan oleh para pembuat film dan diwujudkan oleh ahli pembuat jam Hamilton.
27 Aug 2020



Hamilton meluncurkan jam tangan edisi khusus Khaki Navy BeLOWZERO yang terinspirasi dari jam tangan yang ditampilkan di film Tenet besutan sutradara Christopher Nolan. Jam tangan ini awalnya hanya dibuat untuk film bergenre sci-fi tersebut. Namun Hamilton memutuskan untuk merayakan kolaborasi dengan mewujudkannya menjadi jam tangan yang dapat dipakai konsumen.

Berbungkus titanium ringan, jam edisi khusus ini menampilkan jarum detik berujung warna biru atau merah, sebagai referensi untuk warna utama dalam film. Setiap versi warna hanya akan diproduksi terbatas sebanyak 888 buah. Angka ini dipilih sebagai cuitan untuk judul film, yang juga merupakan palindrom, kata, rangkaian kata, atau bilangan yang terbaca sama, baik dari depan maupun dari belakang. Jam tangan ini dilengkapi dengan kemasan khusus yang dibuat oleh Desainer Produksi Tenet Nathan Crowley, menampilkan warna-warna yang terinspirasi oleh elemen desain dalam film tersebut.

Jam tangan Hamilton sudah tak asing lagi dengan dunia film. Sebelumnya ada "The Murph" yang dibuat untuk film Christopher Nolan, Interstellar, yang langsung menjadi favorit para konsumen. Hamilton juga merancang arloji untuk film ikonis Stanley Kubrick 2001: A Space Odyssey yang memengaruhi penemuan jam tangan digital pertama di dunia.
 

Sebuah adegan dari film Tenet menampilkan dua aktornya, John David Washington dan Robert Pattinson.
 

Untuk film Tenet sendiri, para pembuat film mengungkapkan kebutuhan mereka akan sebuah jam tangan dengan fitur yang saat ini tidak ada secara komersial di jam tangan Hamilton. Menerima tantangan tersebut, Hamilton berkomitmen untuk menggabungkan kreativitas dengan keahlian untuk menghasilkan properti film utama itu.

Persiapan selama 18 bulan mencakup pengembangan teknis, pengujian, dan produksi di laboratorium Swatch Group di Swiss, tempat teknisi Hamilton menemukan cara untuk menggabungkan teknologi yang dibutuhkan dengan tampilan di pelat jam Khaki Navy BeLOWZERO. Untuk memenuhi kebutuhan pembuatan film, Hamilton memproduksi lusinan jam tangan prop terakhir dan pembuat jam Hamilton berada di lokasi syuting untuk menawarkan dukungan dengan fungsi unik jam tangan tersebut. 

Berkaitan dengan pandemi COVID-19 dan penanganannya, peluncuran film Tenet yang semua dijadwalkan tampil di bioskop pada akhir Juli menjadi mundur ke akhir Augustus di 70 negara. (NTF) Foto: Dok. Hamilton

 

Author

DEWI INDONESIA