Evolusi Cartier untuk Arloji Tank
Membawa kembali bentuk dan garis desain dari satu abad lalu dan menginfusi model Must de Cartier yang juga ikonis untuk kelahiran lansiran terbaru generasi ini yaitu Tank Must.
9 Aug 2021



Cartier menggebrak dunia horologi dengan sebuah keberanian nyata. Di tahun 1917, di saat publik mengoleksi arloji dengan bingkai bulat, Cartier tidak ingin mengambil jalur aman. Ia justru meluncurkan Tank Louis Cartier dengan bingkai kotak. Namun Cartier boleh berbangga diri karena pada akhirnya arloji ini menjadi ikon klasik yang membekas di hati. Bahkan legenda seni Andy Warhol begitu mengaguminya dan menyatakan bahwa arloji ini bukan sekedar penunjuk waktu, melainkan aksesori yang layak dipakai.

Beberapa dekade kemudian di era tahun 1977, Cartier juga pernah merilis arloji Must de Cartier. Arloji bergaya monokrom pada case yang menjadi ikon sejati lainnya. Dengan dua figur klasik yang menjadi kebanggaan dan sejarah, Cartier seakan membangkitkan lagi citra keduanya dengan melansiri arloji terbaru bertajuk Tank Must.

Mempertahankan bentuk kotak dan menginfusinya dengan palet warna RGB yaitu merah, hijau, dan biru pada case. Yang membedakan koleksi ini dengan seri Must de Cartier dahulu adalah, Tank Must menuangkan seluruh warna palet yang sama hingga ke bagian strap. Begitu monokromatis sebagai kesan pertama. Untuk gaya arloji yang lebih klasik, Cartier juga merilis beberapa model dengan warna hitam dan metal dengan fitur crown yang mirip dengan pendahulunya.
 

Pilihan klasik jatuh pada strap berwarna hitam, dengan atau tanpa berlian di sekeliling case.


Sinergi baru antara dua arloji tersebut juga didukung akan nilai inovasi yang ditekankan oleh Cartier. Namun tidak lupa untuk tetap menerapkan prinsip sirkular kepada produknya. Strap yang digunakan tidak menggunakan material satwa sama sekali. Photovoltaic dial juga diunggulkan sebagai kunci dinamika Tank Must.

Suguhan yang lebih gemerlap ditawarkan kepada penilik model ini yaitu dengan peletakkan berlian di sekeliling case. Warna biru pada ujung crown berbentuk spinel cabochon pun menjadikan dua fitur saling kontras dan kentara mengidentifikasikan siapa Tank Must sebenarnya.

Arloji dengan pergerakan quartz ini memiliki tiga ukuran yang berbeda yaitu model extra-large dengan diameter 8,37 mm, large dengan diameter 6,6 mm, dan small yang berdiameter sama dengan large namun memiliki tali yang lebih kecil. Semuanya diserahkan kepada naluri kolektor untuk memilih manakah yang dapat merepresentasikan karakter personal mereka secara berani. (JE) Foto: Cartier.

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA