H&M Indonesia dan Danone-Aqua: Dari Botol Plastik Bekas Menjadi Pakaian Anak
Upaya mengatasi sampah plastik dengan menjadikannya material untuk pakaian dilakukan dalam kerjasama Danone-Aqua dengan H&M Indonesia
4 Sep 2020



Kampanye yang peduli pada masalah lingkungan hidup terus bergaung di banyak sektor. Penanggulangan limbah plastik, tentunya membutuhkan penanganan khusus agar proses penguraiannya dapat dipercepat sehingga mengurangi pencemaran lingkungan.

Melihat hal ini, Danone-Aqua bekerja sama dengan H&M Indonesia memperkuat inisiatif bottle2fashion dengan meluncurkan kampanye online bertajuk Cleaning-Up for the Future yang disebarkan ke seluruh dunia. Hasil dari kampanye ini adalah koleksi pakaian anak yang dibuat dari hasil dauar ulang botol plastik bekas.

Inisiatif bottle2fashion ini sendiri merupakan bentuk kerja sama antara Danone-Aqua dan H&M Indonesia untuk memperkenalkan proses produksi yang sirkular dengan memanfaatkan botol plastik bekas sebagai bahan baku yang lebih berkelanjutan, dan memperpanjang gunanya menjadi produk pakaian yang dapat dikenakan.

Dari botol plastik bekas pakai diubah menjadi material kain yang dapat digunakan. Sebuah perjalanan menarik yang kemudian menjadi kampanye global untuk mengedukasi konsumen agar mulai lebih peduli terhadap isu sampah plastik di lautan sekaligus turut serta menjaga kebersihan lingkungan demi masa depan bumi.

Dalam inisiatif ini, sebanyak 129 ton botol plastik bekas berhasil dikumpulkan dari Kepulauan Seribu dan pesisir Jakarta. Seluruh botol plastik bekas ini seluruhnya dibawa ke Recycling Business Unit (RBU) di bawah Danone-Aqua yang berada di Tangerang Selatan untuk dipilah, dicacah, dan dibersihkan.

Cacahan plastik tersebut kemudian dikirim ke fasilitas produksi H&M Indonesia untuk diproses menjadi serat poliester dan diubah menjadi berbagai produk pakaian yang kemudian dipasarkan di hampir seluruh gerai H&M di seluruh dunia.

Upaya ini menjadi salah satu solusi inovatif atas isu sampah plastik yang ada di lautan secara holistik. Melalui solusi ini, tak hanya mengatasi masalah sampah plastik saja, namun juga turut mengajak konsumen dan anak-anak untuk berpartisipasi menjaga lingkungan.

Mengapa pakaian anak dipilih sebagai hasil dari perwujudan material daur ulang, karena bentuk dari model pakaian anak relatif kecil. Di antaranya bisa ditemukan atasan, hoodie, hingga celana, yang hadir dalam warna-warna cerah khas anak-anak.
(EM) Foto: dok. H&M Indonesia  

 

 


Topic

H&M Indonesia bekerjasama dengan Danone-Aqua mengatasi permasalahan sampah plastik dan menjadikannya koleksi pakaian anak-anak.

Author

DEWI INDONESIA