Indonesia Fashion Week 2020 Kolaborasi dengan Jakarta Fashion Hub
Jakarta Fashion Hub adalah fashion hub baru di tengah Jakarta.
4 Nov 2020


Poppy Dharsono, Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia sekaligus Presiden Indonesia Fashion Week.


Salah satu gelaran fashion terbesar tanah air, Indonesia Fashion Week (IFW) 2020 tetap diselenggarakan tahun ini dengan format baru. Sebagaimana banyak ajang tahunan lainnya, IFW juga mengemas gelarannya dalam format virtual. “Ini adalah pertanggung jawaban kami terhadap publik, pemerintah, dan pihak-pihak lain yang selalu mendukung penyelenggaraan IFW setiap tahun,” jelas Ketua Umum APPMI sekaligus Presiden IFW 2020, Poppy Dharsono kepada rekan-rekan media, Jumat, 23 Oktober silam.

Setelah ditunda sejak April 2020, IFW akan digelar secara virtual pada 14-15 November mendatang. Dengan persiapan selama kurang lebih satu setengah bulan, APPMI selaku penyelenggara acara akan menghadirkan koleksi dari 63 desainer dari seluruh Indonesia. “Semua koleksi dikirim ke Jakarta. Di sini kami bekerja sama dengan penata rambut, penata gaya, dan sebagainya,” ujar Poppy menjelaskan teknis gelaran.

Untuk menghadirkan koleksi-koleksi tersebut, IFW menggandeng Asia Pacific Rayon dan Jakarta Fashion Hub, ruang kreatif milik mereka. Poppy menjelaskan kerjasama ini terjalin dengan mudah karena keduanya merupakan anggota dari UN Global Compact. “Di keadaan pandemi sekarang mereka menganggap semua kegiatan fashion yang mana pasti berhubungan dengan tekstil harus didukung,” kata Poppy.

 

Jakarta Fashion Hub merupakan sebuah ruang kreatif di pusat Jakarta yang dibangun Asia Pacific Rayon (APR), khususnya untuk bidang fashion.


Ini sejalan dengan semangat IFW untuk turut mendukung kegiatan fashion di berbagai daerah di Indonesia. Karena pada intinya, untuk membangun industri fashion, harus ada kerjasama antara semua komponen. Salah satunya dilakukan APR lewat pembukaan Jakarta Fashion Hub, fashion hub baru di tengah kota yang bisa dimanfaatkan berbagai pelaku kreatif. Khususnya pelaku fashion.

Berlokasi di Jalan Teluk Betung No. 33 Jakarta Pusat, Jakarta Fashion Hub dipilih karena memiliki fasilitas lengkap sebagai sebuah ruang kolaboratif bagi para fashion enthusiast, desainer, hingga pemilik bisnis fesyen untuk terus menggali potensi dan mengembangkan ide-ide kreatif dalam menciptakan produk mode asli buatan Indonesia.

Diresmikan pada Agustus lalu, JFH diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri fesyen dan tekstil yang berkelanjutan di Indonesia. Berbagai fasilitas ditawarkan ruang kreatif yang diinisiasi oleh Asia Pacific Rayon (APR) ini untuk mendorong kreativitas para penggiat mode berupa ruang diskusi, workshop, area pameran, area serbaguna, dan studio foto
Kerja sama antara IFW 2020 dengan APR juga dijalin lewat pemanfaatan bahan rayon APR untuk koleksi karya Poppy Dharsono. Ada lima tampilan yang akan dirilis di Indonesia Fashion Week. Rayon dengan motif garis-garis layaknya lurik dipilih Poppy untuk menghadirkan pakaian dengan siluet yang klasik.


 

Tahun ini Jakarta Fashion Hub bekerja sama dengan Indonesia Fashion Week 2020 untuk memberikan ruang kreatif bagi para pelaku fashion Indonesia.


Ini merupakan kali pertama Poppy mengeksplorasi material rayon yang diproduksi Asia Pacific Rayon untuk koleksinya. “Selama ini saya tahu rayon untuk batik, tapi ini baru sekali saya melihat berbagai jenis rayon. Intinya ini adalah sesuatu yang baru dengan terobosan-terobosan teknologi guna membuat rayon lebih dikenal dan difungsikan untuk yang lain,” papar Poppy tentang pengalamannya menggunakan rayon untuk koleksinya.  

Indonesia Fashion Week 2020 diselenggarakan dengan tema “Treasure of the Magnificent Borneo” dan bisa dinikmati lewat kanal YouTube Indonesia Fashion Week. Untuk informasi lebih lanjut seputar Indonesia Fashion Week 2020, Anda bisa melakukan registrasi di situs resmi IFW 2020.



 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA