Inilah Flagship Store Sapto Djojokartiko di Plaza Senayan
Setelah lebih dari dua belas tahun berkarya di industri mode tanah air, Sapto Djojokartiko membuka pintu flagship store pertamanya di Indonesia terletak di Plaza Senayan, Jakarta.
13 Mar 2020




Keinginan untuk memberikan servis lebih kepada setiap individu yang berbusana dengan hasil karyanya, Sapto Djojokartiko juga bermaksud menyuguhkan suasana hangat dan
kekeluargaan agar setiap pengunjung dapat menggali lebih dalam filosofi dari rumah mode tersebut.
 
Sapto memaparkan, bahwa ia selalu memiliki keinginan untuk menciptakan komunitas kecil bagi dirinya, sesuatu yang lebih dari keinginan memiliki sebuah barang maupun mengadopsi sebuah bentuk gaya hidup. Harapannya tempat ini dapat menjadi wadah bagi siapapun untuk bertukar ide dan juga berdiskusi.
 
“Dengan membuka toko ini untuk umum, saya berharap kita dapat berbagi dan bercerita mengenai perkembangan industri mode di tanah air yang terus berkembang dan bagaimana sebagai komunitas kita dapat membantu membangun dan melestarikan tradisi berbusana yang turun temurun di Indonesia” ujar Sapto.
 
Konsep flagship store ini sendiri didasari dari diskusi awal dengan desainer tata ruang yang tergabung di Gondojules Studio yang didirikan oleh Brian Gondokusumo dan Julia Lestari.
 
Kedua desainer tersebut menjelaskan bahwa ide besar yang diusung adalah menciptakan ruang dimana para pengunjung dapat merasakan dampak dari setiap visual yang disuguhkan tanpa merasa terprovokasi dengan kehadiran setiap elemen yang ada didalam ruangan tersebut.


 
Aneka patung pahatan yang terbuat dari kayu dan juga kesan mewah yang ditampilkan melalui dinding yang terbuat dari batuan sedimen menghiasi setiap sudut dari flagship store Sapto Djojokartiko di Plaza Senayan.
 
Tata ruang yang memberikan kesan kelembutan dan elegan melengkapi tampilan baju-baju karya Sapto Djojokartiko yang tertata rapih mengelilingi toko. Patung-patung yang terbuat dari kayu berjajar bersandingan dengan baju baju, ukiran rumit di pahatan dan pola sulaman di baju-baju yang ditampilkan seraya bercermin dan menghasilkan kolaborasi visual yang memikat.
 
Brian Gondokusumo, desainer tata ruang dibalik flagship store Sapto Djojokartiko menjelaskan,  cat dinding bertekstur dan lantai marmer menghidupkan atmosfer hangat yang kontras dengan sentuhan kontemporer yang terdapat ditengah toko dengan kehadiran sofa yang dirancang khusus untuk ruangan ini.
 
“Berbagai ornamen yang kami tambahkan kian memberikan kesan mewah melalui sentuhan tekstur dan warna yang digunakan. Warnawarna berani seperti merah muda dan juga onyx digunakan sebagai aksentuasi pada pencahayaan dan lampu yang dipilih untuk menghiasi toko ; sebuah padanan yang memberi kesan transeden namun juga modern,” terangnya
 
Brian melanjutkan bahwa kamar ganti yang nyaman tersedia didalam toko agar pengunjung dapat dengan nyaman menghabiskan waktu didalam toko. Sebagian besar koleksi yang ada di flagship store ini tidak dapat ditemukan di tempat lain. Karena itu, pengunjung akan dimanjakan dengan koleksi yang unik dan eksklusif ketika berbelanja di flagship store Sapto Djojokartiko. (Orie Buchori)
 

 

 

Author

DEWI INDONESIA