Jean-Paul Gaultier Undur Diri dari Panggung Peragaan Haute Couture
Lewat unggahan Instagram, salah satu ikon fashion dunia mengumumkan peragaan busana terakhirnya.
21 Jan 2020




Salah Satu legenda fashion dan ikon haute couture dunia, Jean-Paul Gaultier, memutuskan untuk pensiun setelah menggelar peragaan busana perayaan 50 tahun kiprahnya di dunia mode. Ini ia umumkan lewat unggahan video Instagram.

“Halo ini Jean-Paul Gaultier,” katanya dengan ceria seolah tengah menelepon teman-teman terdekatnya. Ia kemudian menjelaskan detail peragaan busana istimewa merayakan setengah abad kekaryaannya. Setelahnya ia mengumumkan keputusannya untuk pensiun, “Ini akan menjadi peragaan busana terakhir saya, jadi jangan sampai terlewat!”

Namun, hal itu tidak menjadi akhir dari rumah mode Jean-Paul Gaultier yang pertama kali didirikannya pada 1976. “Gaultier Paris akan terus berlanjut, Haute Couture akan terus berlanjut, saya punya konsep baru tapi akan saya bagikan hal itu nanti,” begitu jelas Gaultier di akhir video.

Dengan pensiunnya seorang seperti Jean-Paul Gaultier tentu seperti menjadi penanda akhir sebuah era. Selama setengah abad ia berkarya, ada begitu banyak momen ikonis yang diciptakannya. Mulai dari mendirikan rumah modenya pada pertengahan ‘70an, merancang cone bra Madonna yang ikonis, hingga mencatatkan nama sebagai pengarah kreatif Hermès selama tujuh tahun (2003-2010).

Untuk menorehkan titik pada 50 tahun cerita perjalanannya di kancah mode dunia, Gaultier menyiapkan pagelaran yang istimewa. Lewat unggahan-unggahan Instagram mereka, Gaultier memberikan bocoran tentang konsep peragaan yang akan digelar pada 22 Januari 2020 waktu Paris. Yang paling jelas Adalah tentang keberagaman model yang akan tampil.

Setelah sekian lama tak mengadakan open casting, Gaultier memutuskan untuk membuka kesempatan yang lebih luas bagi para model untuk ambil bagian dalam peragaan busananya kali ini. Misinya satu: menampilkan cantik yang beragam, “Cantik yang tak biasa,” katanya dalam salah satu unggahan video diikuti montase gambar model dengan beragam tampilan, dari yang konvensional hingga yang paling tak biasa. Nantikan peragaan busana penutup kiprah Jean-Paul Gaultier! (SIR). Foto: Dok. Istimewa.



 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA