Kampanye Upcycle Pakaian Bekas Kurangi Limbah Tekstil
Modena menggandeng social enterprise Setali untuk kampanye upcycle limbah tekstil di Hari Bumi
25 Apr 2022



Momen Hari Bumi yang diperingati pada 22 April setiap tahun merupakan pengingat bagi kita semua tentang berbagai permasalahan lingkungan. Sampah tekstil, misalnya, menjadi isu yang perlu disosialisasikan mengingat perannya terhadap pencemaran lingkungan. Isu ini pula lah yang diangkat kembali lewat kolaborasi antara Modena Indonesia dengan Setali, social enterprise yang bergerak di pengolahan limbah fashion dan angkat sustainable fashion, lewat kampanye “Re-Styling the Future.
 
Modena menggandeng social enterprise yang memiliki nilai fashion berkelanjutan tersebut untuk melakukan sosialisasi permasalahan limbah tekstil. Sejak November 2021 lalu, Modena dan Setali menyediakan boks untuk berdonasi pakaian bekas untuk di-upcycle.
 
Upcycle sendiri merupakan pemanfaatan barang bekas seperti kain atau sisa tekstil atau pakaian bekas pakai menjadi barang sandang yang baru. Selain lebih ramah lingkungan, pakaian hasil upcycling juga memiliki keunikan yang menambah nilai ekonomisnya.
Kolaborasi ini berhasil mengurangi lebih dari 3 ton limbah pakaian dari lingkungan. Upaya upcycle yang dilakukan juga mengubah limbah tersebut menjadi aksesoris dan merchandise bernilai guna.

Setali sendiri sebagai sebuah bisnis fashion yang mengedepankan prinsip keberlanjutan telah melakukan berbagai cara untuk mengurangi limbah fashion lewat proses upcycle. Co-founder Setali, Intan Anggita, mengatakan bahwa komunitasnya menggandeng penjahit keliling dan membuka layanan upcycle untuk Anda yang ingin berpartisipasi dengan biaya tertentu. Anda bisa mengunjungi laman Instagram @setali.indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Tak hanya Setali, Modena juga mendorong penggunaan renewable energy dengan mamanfaatkan energi solar yang melimpah di Indonesia, dengan kehadiran produk MODENA SolarPad dan Solar Water Heater. Salah satu kegiatan CSR yang dilakukan Modena juga antara lain mengedukasi masyarakat akan gunaan dan manfaat dari penggunaan energi terbarukan. Caranya dengan memberikan MODENA SolarPad sebagai alternatif pengganti listrik di Desa Sirnajati, Bekasi dan Desa Tipar Raya, Tangerang. Selanjutnya, MODENA berupaya untuk ikut mendukung peralihan energy dengan memasangkan MODENA SolarPad di beberapa ruang publik di Jakarta.


MARDYANA ULVA
Foto: Unsplash

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA