Karya Kontemplasi SAPTO DJOJOKARTIKO Spring/Summer 2024
SAPTO DJOJOKARTIKO menghadirkan rancangan yang penuh kisah refleksi dan pencarian akan ketenangan diri.
6 Nov 2023



Di tengah hiruk-pikuk dan glamornya kota Jakarta, SAPTO DJOJOKARTIKO mengajak penikmat karyanya untuk kembali berefleksi lewat koleksi Spring/Summer 2024. Koleksi ini bukanlah sebuah pelarian bagi SAPTO DJOJOKARTIKO, melainkan kontemplasi dalam perjalanannya dalam mencari ketenangan dan pencerahan. Berlokasi di area Taman Air Mancur Plaza Senayan, Jakarta, Sapto mengemas kisahnya ke dalam rancangan yang meromantisasi sesuatu kedalam siluet yang minimalis. Ruang pagelaran terinspirasi dari ruang permandian dan miniatur kuil kuno yang sering dipercaya sebagai tempat untuk menyucikan  dan meditasi diri. 

Koleksi Spring/Summer 2024 menampilkan 60 tampilan busana perempuan dan laki-laki. Siluet yang dihadirkan oleh  SAPTO DJOJOKARTIKO terinspirasi dari tahun 90 akhir hingga 2000 awal. Beberapa hal yang menjadi keistimewaan yang patut disimak pada koleksi Sapto di musim ini:

1. Motif bordir sulam yang tak lekang oleh waktu.
Motif telah menjadi nyawa dari seluruh rancangan SAPTO DJOJOKARTIKO dari tahun ke tahun. Kali ini, Sapto mengkreasi corak yang terinspirasi dari rimpang rempah seperti jahe, temu-temuan dan tanaman herbal tradisional khas Indonesia. Tak hanya motif floral penuh kisah, Sapto juga membawa kembali geometrik yang terilhami dari ulir pasir dan kerikil Karesansui, taman kering Jepang dari filosofi Zen. Motif berulang ini dikemas apik ke dalam bordir yang menjadi bagian utama dari setiap busana Sapto. 


2. Siluet lurus yang dikemas monokromatis
SAPTO DJOJOKARTIKO memang tak pernah lepas dari kesan siluet lurus yang dibalut warna monokromatis penuh corak. Siluet lurus yang minimalis bersanding sempurna dengan corak motif khas Sapto yang penuh kisah. Permainan bahan yang beragam mulai dari bahan tembus pandang seperti organza dan tulle menciptakan siluet sensual yang positif. 


3. Siluet Balon Penuh Kejutan.
Meskipun tetap berpegang pada kunci visual SAPTO DJOJOKARTIKO, tetapi kali ini sang desainer menghadirkan kejutan segar dalam koleksinya. Siluet balon menjadi hal tak terduga yang menyenangkan. Bahan satin menciptakan siluet balon yang sempurna dalam rancangan Sapto.

4. Imbuh Metalik 
Di tengah bahan organza, beludru dan satin, Sapto menghadirkan bahan metalik di beberapa rancangannya. Tak seperti yang diduga, bahan metalik menyempurnakan seluruh rancangan dalam koleksi  SAPTO DJOJOKARTIKO Spring/Summer 2024. Bahan metalik bersanding harmonis dengan bahan lain yang dimunculkan oleh Sapto seperti beludru, organza hingga satin. Aksen metalik ini dapat ditemukan di membentuk permainan dimensi gaun, jaket pria, ornamen pada kain serta sebagai dalaman. 


5. Gelora Rona Bumi dan Biru Yang Apik
Sapto menerjemahkan kembali warna-warna membumi yang lembut ke dalam rancangannya. Secara spesifik, ia mengambil warna dari cangkang kerang dan warna jamur, menciptakan impresi ketenangan yang feminin. Tak hanya itu, di tengah barisan warna krem yang hangat, Sapto menghadirkan warna biru tua sebagai pelengkap sempurna untuk koleksinya kali ini. Berbagai warna biru mendalam menyeimbangkan siluet megah, sehingga tetap memberikan kesan yang sederhana dan tenang, sesuai dengan gagasan dari koleksi Spring/Summer 2024. Tak saling berebut perhatian, metalik dalam biru malah menonjolkan corak motif khas rumah desainer  SAPTO DJOJOKARTIKO. 

 

Penulis: Elizabeth Alicia Tresno    Foto: Sapto Djojokartiko

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA