Kini Berburu Ragam Syal Ramah Lingkungan Bukan Hal yang Tak Mungkin Lagi
Brand asal Singapura, Forest, menawarkan konsep fashion ramah lingkungan dengan gaya desain yang artistik dan variatif.
16 Jun 2022



Menjadi pejuang lingkungan hidup bisa dimulai dari langkah-langkah kecil. Yang paling mudah dan dapat langsung dipraktekkan tentu saja adalah soal cara memilih pakaian, termasuk aksesori. Banyak hal yang dapat dilakukan dari sub cara ini. Mulai dari berbelanja barang secondhand, bertukar pakaian dengan sahabat, hingga memilih brand dengan konsep ramah lingkungan.

Di Singapura, Forest telah menjadi brand aksesori ramah lingkungan yang diakui eksistensinya dan memenangkan beberapa penghargaan, seperti misalnya TOP PICK Singapore Business and Brands for the month pada bulan Oktober 2020 oleh Singapore Airlines, Top Six Singapore Popular Brand for the year of 2021 oleh masyarakat Jepang, dan memenangkan kategori Best Luxury Scarves and Brooches Brand oleh majalah APAC Insider yang sudah ditampilkan di tahun 2022 kuartal 2.
 

Proses pencetakan gambar di syal Forest menggunakan teknik screen printing.

 

Brand yang menspesialisasikan diri di kategori syal dan bros premium ini, kini tak perlu jauh-jauh lagi ditemui hingga ke Singapura. Plaza Indonesia menjadi butik ke-2 yang resmi menjadi tempat Forest menjamu para perempuan di Ibukota sehingga mereka bisa lebih selektif dalam memilih model aksesori yang ramah lingkungan.

Deretan syal dengan penuh guratan artistik khas yang ditawarkan Forest terbuat dari sutra mulberry dan kasmir berkualitas terbaik tetapi juga halus saat disentuh. Bahan sutra ini pun memiliki kemampuan untuk dapat dikenakan di udara yang cukup dingin sampai dengan -5 derajat Celcius dan ketika dikenakan di dalam ruangan tidak akan terasa gatal. Syal sutra yang dibuat dengan motif-motif cerah juga memiliki filosofi khusus yang membuat setiap itemnya bermakna spesial. Bagian jahitannya juga masih dikerjakan dengan tangan sehingga menambah nilai artistik.

Forest juga menjunjung tinggi interaksi yang berkaitan dengan faktor sosial ekonomi di mana 10% dari hasil penjualan disumbangkan untuk PA Nepal, sebuah organisasi yang berkontribusi untuk menolong anak-anak yang terdampak konflik di negara tersebut.

Menyokong gaya sekaligus memiliki visi bisnis yang relevan dengan apa yang terjadi di dunia belakangan, menjadi satu hal yang harus terus didukung dan semoga bisa dapat diterima dengan baik oleh masyarakat lokal.

 

JESSICA ESTHER
Foto: Plaza Indonesia

 

 

 

 

 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA