Kisah Inspiratif Dibalik Koleksi Fendi Fall 2019 Menswear
Mengilas kisah Silvia Venturini Fendi yang tersinpirasi oleh Karl Lagerferd untuk koleksi terbaru Fendi Fall 2019 Menswear
16 Jan 2019


1 / 11

Silvia Venturini Fendi mengaku saat umurnya 5 tahun dia mengira Karl Lagerfeld adalah seorang pelukis. Dalam hubungan pekerjaan yang bermula sejak tahun 1965, Lagerfeld telah menjadi sangat terikat dalam jalinan bisnis dan juga keluarga Fendi. Venturini Fendi mengatakan bahwa Karl Lagerferd merupakan satu-satunya orang yang terikat dengan dunia fantasinya dan juga Fendi.

Bagi Venturini Fendi, Karl Lagerfeld merupakan inspirasi dan kontributor langsung untuk koleksi terbaru dan karyanya kali ini merupakan koleksi paling menonjol dibandingkan rangkaian kolaborasi milik bintang tamu yang turut hadir untuk meninggalkan jejak di musim mode kali ini.

Untuk koleksi ini, Lagerfeld membuat sketsa jaket yang memiliki desain bahu kokoh dengan kerah syal di sisi kanan dan tukikan halus di sisi kiri. Asimetri  bagi yang masih awam tentang aliran pakaian pria biasanya ditentukan oleh penjahit dan merupakan salah satu titik awal untuk serangkai dualitas yang saling bertentangan namun tetap menyatu di seluruh jajaran koleksi: jaket setengah-setengah, interaksi monogram kaligrafi, dan logo futuristis.

Sentuhan khas Karl Lagerfeld sendiri menjadi sorotan perhatian yang krusial: permainan dalam beberapa segmen pertunjukkan yang merepresentasikan tahun-tahun Caraceni milik Karl, permulaannya di Jepang (Comme des Garçons, Undercover, Number (N)ine), dan kudeta Dior Homme. Bahkan kenang-kenangan fisik kolaborasi Venturini Fendi yang hampir seumur hidup dengan Lagerfeld dimasukkan di sini. Cetakan kolase pada koper, parit plastik, dan piumino mulus yang tebal terdiri dari tumpukan catatan dan gambar yang telah dikumpulkan oleh Venturini Fendi selama bertahun-tahun.

Apa yang dicapai oleh Lagerfeld yang secara cerdik dan ambisius adalah pengingat untuk kita bahwa walaupun menjahit tampak seperti lagu lama membosankan di era sekarang, kegiatan tersebut adalah hal dinamis yang akan terus berkembang. Venturini Fendi menyatakan bahwa dia akan senang jika generasi yang lebih muda menemukan dinamisme itu. Silvia Venturini Fendi terinspirasi oleh pria yang ada di dalam kehidupannya, dan ia berharap koleksi ini bisa menjadi inspirasi bagi pria yang lainnya. (JLA) Foto: Dok. Fendi.

 

Author

DEWI INDONESIA