Koleksi Inklusif yang Layak Mendapat Perhatian Penuh: Rinda Salmun Two Wear
Koleksi kolaborasi bersama Shalom Razade ini juga merangkul setiap perempuan dari berbagai kalangan, termasuk atlet Asian Para Games.
2 Mar 2022


Mella Windasari (kanan) merupakan atlet Lawn Bowls yang memenangkan medali emas di Asian Para Games 2018.

 

Apa yang membuat Anda jatuh hati kepada Mella Windasari dan Maureen Kartika untuk menjadi model di koleksi ini?

Rinda Salmun: Prestasi mereka berdua sangat luar biasa! Mereka nggak boleh tidak dihargai mengingat prestasi mereka tersebut. Jadi aku bersikeras sekali keduanya harus menjadi bagian di RTW x Shalom Razade.

 

Bagaimana awalnya kamu menyetujui untuk menjadi salah satu model di koleksi RTW x Shalom Razade?

Mella Windasari: Awalnya saya malu sekali, tidak ada rasa percaya diri. Tetapi ketika suami saya meyakinkan untuk mencoba pengalaman baru ini, saya menjadi yakin. Saya juga ingin menyampaikan pesan kepada publik bahwa kami ini adalah bagian dari komunitas juga.

 

Langkah apa yang akan diambil agar ke depan tema inklusif tidak lagi menjadi sebuah perbincangan yang justru ekslusif?

Rinda Salmun: Sebagai desainer saya ingin memberi fasilitas dengan menyediakan pakaian yang bisa dipakai oleh mereka. Ini adalah permulaannya, mudah-mudahan ke depannya RTW akan selalu mengangkat tema inklusif yang berkelanjutan. Saya ingin penyandang disabilitas juga tetap bisa stylish dan memiliki banyak pilihan dalam bergaya.

Laninka Siamiyono: Sebagai seorang dengan disabilitas, ini bukan isu kami saja. Saya ingin memberi kesadaran bahwa akses diasibiltas perlu disadari oleh publik termasuk juga soal fasilitas umum. Saya berharap adaptive clothing ini bisa segera terwujud sehingga kami lebih mudah memilih pakaian.

Shalom Razade: Sejak dahulu saya selalu peduli dan ingin mengangkat isu tentang social acceptance yang bisa merangkul apa saja yang dapat diwadahi oleh kata inklusif tersebut. I want to raise awareness that it’s good for people to be valued for who they really are. Ketika setiap perempuan merasa cantik, sekelilingnya pun pasti akan merasa demikian.

 

Koleksi RTW x Shalom Razade telah dirilis dan dapat diakses serta dibeli di situs e-commerce mereka saaat ini.

 

JESSICA ESTHER

Foto: Rinda Salmun
 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA