Koleksi Musim Gugur 2023 Alexander McQueen Rayakan Keindahan Anatomi Tubuh Manusia
Eksplorasi keindahan atas anatomi tubuh manusia yang tidak biasa ini terlihat dari pola penjahitan, serta fokus pada siluet dengan proporsi yang dilebih-lebihkan sampai detail rumit yang menyerupai organ anggota tubuh.
14 Mar 2023


Alexander McQueen menampilkan koleksi Musim Gugur/Musim Dingin 2023 yang terinspirasi dari bentuk anatomi tubuh manusia. Sarah Burton, Direktur Kreatif Alexander McQueen, menampilkan ketertarikan dan eksplorasi keindahan atas anatomi tubuh manusia yang tidak biasa ini melalui pola penjahitan, serta fokus pada siluet dengan proporsi yang dilebih-lebihkan dan detail rumit yang menyerupai organ anggota tubuh. 

Pertunjukan dibuka dengan serangkaian busana berkain tipis dengan aksen warna kulit, seolah-olah memperlihatkan tulang dan otot manusia. Busana ini dibuat dengan aksen rumbai, atau potongan cut-out yang dibalutkan ke sekitar tubuh sehingga mencerminkan lekuk dan kontur alami tubuh. Aksen cut-out ini mengekspos dan memperlihatkan sekilas kulit pada bagian tubuh yang berbeda. 

Lebih lanjut, memperlihatkan busana yang lebih terstruktur. Siluet tajam yang menonjolkan baju, pinggul, dan pinggang. Beberapa busana dihadirkan dalam sebuah setelan termasuk blazer yang disesuaikan dengan bentuk bahu yang tajam. 
 


Kesan maskulin dan feminin juga diperlihatkan dalam busana berwarna perak metalik yang dibuat dengan siluet garis leher yang tinggi dan jenjang. Ketiganya dihadirkan dengan bentuk potongan garis leher yang berbeda, diantaranya bentuk V dalam setelan blazer, bustier, dan garis leher jenis bottle.

Turut menghiasi keindahan tubuh manusia, Sarah Burton menambahkan motif anatomi bunga anggrek yang menonjol. Bunga anggrek dipilih karena sifatnya yang selain cantik juga mudah beradaptasi. Bunga anggrek diartikan juga dapat meniru pemangsa dan sebagai mangsa. Dalam bahasa bunga, anggrek adalah lambang cinta.

Permainan warna yang ditampilkan dalam koleksi ini sangat memukau. Kumpulan warna merah ruby, merah anggur tua, forest green, biru tua, disandingkan dengan warna krem, beige, dan merah muda pucat. Material yang digunakan juga beragam sehingga memberikan siluet yang berbeda-beda, diantaranya kain beludru dan sifon yang masing-masing bagian dirancang untuk menonjolkan keindahan dan kerumitan anatomi tubuh manusia. 

Koleksi Alexander McQueen kali ini berhasil menunjukkan interpretasi terhadap anatomi tubuh manusia yang terlihat jelas di setiap bagian potongan busana yang unik.

 

CARRA NETHANIA

Foto: Alexander McQueen

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA