Komitmen Para Visioner Kreatif dalam Mewujudkan Mimpi Anak Bangsa lewat Kolaborasi One Fine Sky x BINhouse
One Fine Sky merayakan ulang tahun ketujuhnya dengan menggandeng BINhouse dalam kolaborasi kreatif sebagai bentuk kepedulian akan kesejahteraan pendidikan anak bangsa.
3 May 2024



Sebagai bentuk perayaan ulang tahunnya yang ketujuh, One Fine Sky berkolaborasi dengan BINhouse. Perayaan berlangsung pada 2 Mei 2024, bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional bertempat di Savyavasa Experience Gallery, Jakarta. Bertajuk Pasar Sandang Pangan, acara ini merupakan  bentuk kolaborasi apik dan komitmen untuk mensejahterakan anak bangsa. 


Dibawah naungan Yayasan Angkasa Biru, One Fine Sky konsisten dalam penyediaan seragam sekolah gratis bagi anak-anak sekolah kurang beruntung yang berada di pelosok negeri. Setiap pembelian koleksi kolaborasi One Fine Sky akan menjadi sumbangan satu set seragam bagi yang membutuhkan. Pemberian seragam ini menjadi bentuk kepedulian untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak sekolah yang masih kesulitan untuk mendapatkan seragam. Seragam dapat memberi dukungan psikologi agar mereka lebih semangat untuk belajar dan meneruskan mimpinya. Berkat bantuan para kolaborator dan dreamers, One Fine Sky telah berhasil mendonasikan 24,466 seragam pada 36 daerah terpelosok di Indonesia, dari ujung Sumatera hingga Papua. 


Dalam kolaborasi kali ini, BINhouse mengusung tema "Sabda Alam" sebagai bentuk apresiasi dan kekagumannya pada keindahan alam Indonesia. Motif ukel pakis menjadi salah satu kunci utama desain BINhouse. Josephine Komara, selaku direktur kreatif dan pendiri BINhouse, melihat tumbuhan pakis sebagai lambang kasih dan cinta. Tumbuhan pakis dapat tumbuh dimana saja dan mengisi setiap celah dan retak pada bangunan maupun jalan. Hal ini melambangkan bahwa kasih bisa tumbuh dimana saja, bahkan di lingkungan yang keras sekali pun.  Motif ini berpadu harmonis dengan lambang awan dengan senyuman khas One Fine Sky. 


Tak hanya baju, BINhouse juga menghadirkan kreasi bros lambang awan OFS dengan latar kain yang dikerutkan menggunakan tarikan jelujur, lalu dibingkai dengan bordir benang biru tua. Selain itu, desain kaos BINhouse menyadur inspirasi dari cincin pertumbuhan yang biasa dijumpai pada lingkaran pohon. Tentunya, koleksi ini dilengkapi desain yang menjadi esensi label BINhouse itu sendiri, yakni kebaya kutubaru. Kolaborasi One Fine Sky dan BINhouse menggunakan bahan Ecovero yang ramah lingkungan, karena kemudahannya terurai ketika kembali ke alam.


One Fine Sky juga turut menghadirkan instalasi koleksi kolaborator lintas masa. Beberapa diantaranya adalah:

  • OFS x Didi Budiardjo

  • OFS x Adrian Gan

  • OFS x Auguste Soesastro

  • OFS x Reza Rahardian

  • OFS x IPMI

  • OFS x Aidan and Ice

  • OFS x Peggy Hartanto

  • OFS x Paws Companion

Lahir dari para visioner kreatif, kolaborasi antara BINhouse dan One Fine Sky merupakan suatu gebrakan yang segar dan penuh empati. Inisiasi kemitraan ini menggabungkan dua ide menjadi kesatuan langkah konkrit yang berdampak bagi anak bangsa. Satu pihak ingin menjaga nilai budaya untuk tetap lestari dan pihak lain ingin membantu anak Indonesia menggapai mimpi yang secerah langit biru. Perpaduan kedua visi ini menciptakan untaian kisah perjuangan dan kasih untuk mendukung kesejahteraan pendidikan masa depan bangsa. 

Kreasi kolaborasi One Fine Sky x BINhouse dapat dibeli melalui akun Instagram @onefinesky dan @binhouse atau melalui situs belanja daring lainnya.

Penulis: Elizabeth Alicia Terisno

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA