Lakon Indonesia Hadirkan Koleksi PakaianKoe
Menggandeng desainer Irsan, Lakon Indonesia rilis koleksi PakaianKoe dan menjadi penanda dimulainya Lakon Indonesia bergerak ke arah tekstil tradisional.
16 Nov 2020


 

Koleksi pertama yang bertajuk A Journey to Java ini menceritakan sebuah perjalanan dalam usaha pelestarian budaya. Sesuai dengan judulnya, PakaianKoe adalah sebuah presentasi hasil dari apa yang dilakukan oleh Lakon Indonesia bersama dengan para pengrajin, khususnya di daerah Jawa.
 
Selama lebih dari 1 tahun ini Lakon Indonesia tidak hanya membina tetapi juga mengajak para pengrajin, untuk bekerja sama secara professional. Dengan tujuan untuk menggerakan roda perekonomian mereka. Lebih jauh dari itu, kami juga memberikan pandangan-pandangan yang baru dan ilmu-ilmu yang baru sehingga semuanya itu bisa berguna bagi masa depan mereka.
 
Disini, mengingatkan kembali mengenai prinsip-prinsip dasar budaya dan tradisi yang sudah mereka wariskan secara turun menurun, yang merupakan  kekuatan dari karya mereka. Membantu mereka mengeksplorasi berbagai macam material seperti katun, denim kanvas, voile, taffeta, tile, dan chiffon sebagai material dasar batik dan jumputan, yang hasilnya digunakan di dalam koleksi PakaianKoe.
 
Selain itu, Lakon Indonesia juga membantu mereka membuat perubahan-perubahan secara teknikal, mengajarkan cara kerja dan cara pembuatan yang lebih benar sehingga kematangan karya mereka dapat berkembang dengan lebih baik.
 
Team Lakon Indonesia bekerja dengan sepenuh hati dalam merancang pagelaran PakaianKoe untuk mencapai hasil yang maksimal dari segala eksplorasi yang dilakukan bersama.
 
Bagaimana agar koleksi ini tidak hanya menjadi satu koleksi pakaian hasil produk lokal tetapi menjadi satu  kolesi yang dapat mengangkat hasil karya  tangan para pengrajin ini menjadi sesuatu yang mempunyai rasa dan standar yang dapat diterima dunia International. Sehingga dapat juga mengangkat nama Indonesia dan juga kota Jakarta yang merupakan jendela dari seni dan budaya Indonesia.
 
Lakon Indonesia ingin PakaiaKOe bisa menjadi suatu presentasi yang lebih dalam dan lebih sempurna dari apa yang pernah dibuat sebelumnya di Indonesia.
 
Untuk itu Lakon Indonesia  mengajak beberapa professional di bidang lainnya untuk berkolaborasi bersama dalam mewujudkan sebuah presentasi yang benar-benar dapat menggambarkan dan mewakili Indonesia.
 
Mereka adalah Irsan, fashion designer yang bertindak sebagai Creative Director koleksi PakaianKoe, Adi Purnomo, arsitek yang akan merancang keseluruhan area presentasi, Davy Linggar yang akan menangani videografi, serta Addie MS dan Twilite Orchestra yang akan mengiringi acara secara live.
 
Dan berharap bahwa ini dapat menjadi suati titik balikdalam membuat perubahan-perubahan yang sangat diperlukan saat ini guna membangun budaya dan tradisi yang dapat menguatkan kepribadian Indonesia sebagai suatu bangsa. (Orie Buchori)
 

 

 

Author

DEWI INDONESIA