Louis Vuitton Resmi Mengangkat Pharrell Williams Menjadi Direktur Kreatif Busana Pria
Sempat kosong selama 14 bulan, posisi Direktur Kreatif Louis Vuitton kini resmi diisi oleh Pharrell Williams
15 Feb 2023




Louis Vuitton resmi mengangkat musisi Pharrell Williams sebagai Direktur Kreatif Busana Pria yang baru, menggantikan Virgil Abloh yang wafat pada November 2021. Ia akan mempresentasikan koleksi perdananya pada bulan Juni pada pergelaran Men's Fashion Week di Paris.

Sebelumnya, posisi Direktur Kreatif di rumah mode Louis Vuitton sudah kosong selama 14 bulan setelah kepergian Virgil Abloh. Selama ini, koleksi busana Pria Louis Vuitton dirilis dengan kolaborasi bersama beberapa perancang busana seperti Colm Dillane dalam koleksi Musim Gugur/Musim Dingin 2023. 

Pharrell Williams selama ini dikenal sebagai musisi, produser musik, dan pengusaha. Ia berhasil mendapatkan 13 penghargaan Grammy dan mendapatkan nominasi Academy Award untuk lagu “Happy”. Ia kemudian mencoba peruntungan dalam dunia mode dengan meluncurkan lini busana streetwear bersama perancang mode asal Jepang & direktur Kreatif Kenzo, Nigo, dengan nama “Billionaire Boys Club and Ice Cream” pada tahun 2003. Ia kemudian semakin berpengaruh di industri mode dengan melakukan kemitraan jangka panjang dengan Adidas Originals. Pada 2019, ia merancang koleksi untuk Chanel, dan pada Januari 2022, ia meluncurkan koleksi hasil kolaborasinya bersama Tiffany & Co. Ia juga pernah berkolaborasi dengan Louis Vuitton dengan meluncurkan koleksi kacamata hitam yang pernah ia buat untuk merek tersebut pada tahun 2008 dan dibuat ulang oleh Virgil Abloh pada tahun 2018.

Dengan riwayat karier Pharrell Williams dalam dunia mode, kehadirannya kembali mempertegas posisi Louis Vuitton untuk tetap relevan dengan tren yang masih didominasi oleh estetika urban. Sebagai ikon budaya global yang berkembang dari musik, seni, dan mode, Pharell Williams dianggap dapat memperkuat nilai-nilai inovasi Louis Vuitton. “Visi kreatifnya di luar mode tidak diragukan lagi akan membawa Louis Vuitton menuju babak baru dan sangat menarik.” ujar Pietro Beccari, Ketua dan CEO Louis Vuitton.

Sebelum nama Pharrell Williams diumumkan sebagai Direktur Kreatif yang baru, terdapat beberapa nama kandidat yang juga akan mengisi posisi ini, diantaranya adalah perancang busana Martine Rose, Grace Wales Bonner, Samuel Ross, dan Colm Dillane (pendiri label "KidSuper" yang sempat berkolaborasi dengan Louis Vuitton).



CARRA NETHANIA

Foto: Louis Vuitton

 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA