Material Baru Jam Tangan Roger Dubuis Excalibur yang Membuatnya Semakin Khas dan Berkelas
Tak hanya lebih menawan, penggunaan bahan keramik putih dengan mekanisme double tourbillon ini juga membuat jam tangan dari Roger Dubuis ini lebih ringan dan kokoh.
23 Nov 2022



Merek jam tangan asal Jenewa, Swiss, Roger Dubuis, menggunakan material baru dalam salah satu koleksi signature-nya, Excalibur. Untuk pertama kalinya, Roger Dubuis menggunakan material keramik putih dengan tampilan desain EON GOLD™. Koleksi yang diberi nama "Excalibur Double Tourbillon White Ceramic" ini juga dikombinasikan dengan mekanisme canggih dari double tourbillon atau tourbillon ganda, yaitu tourbillon yang berotasi sekali setiap menit, dan tourbillon lainnya berotasi setiap empat menit sekali.
 

Dibuat dari olahan keramik putih mentah



Keramik merupakan salah satu material yang empat kali lebih sulit untuk diolah dan dimanfaatkan daripada baja yang tahan karat. Roger Dubuis untuk pertama kalinya menggunakan keramik dari bentuk mentah yang kemudian diolah, dan memakan waktu lima belas kali lebih lama untuk menghasilkan 'cangkang' jam tangan sebesar 45 milimeter. Walaupun terbuat dari keramik, jam tangan ini tergolong ringan dan kokoh.
 

Dilapisi bahan emas


Desain Excalibur dengan keramik putih ini juga dipadukan dengan komponen bezel, crown, dan cangkang belakang yang dibuat dari material EON GOLD™ agar terlihat lebih kontras. EON GOLD™ merupakan emas yang diklaim lebih tahan terhadap noda atau goresan ketika kondisi ekstrem. Paduan warna putih dan emas yang sempurna ini juga dilengkapi dengan tali kulit sapi berwarna putih dengan tekstur yang timbul dan menampilkan fitur sistem paten Quick Release yang serbaguna.
 

Bersinar dalam gelap


Tidak perlu khawatir untuk penggunaan di malam hari, karena jam tangan ini dilengkapi dengan teknologi SuperLumiNova™ pada bagian logo berbentuk bintang yang merupakan signature Roger Dubuis dan cangkang tourbillon agar bersinar dalam gelap. Dipasang langsung pada sudut miring tanpa harus dibingkai, teknik pemasangan SuperLumiNova™ ini memiliki kerumitan tersendiri sehingga membutuhkan pengerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh para ahlinya. Pemasangan SuperLumiNova™ ini juga terdapat pada bagian pendanda jam dan ujung jarum jam agar bisa terlihat jika digunakan pada malam hari.
 

Dilengkapi dengan mekanisme Double Tourbillon


Dilengkapi dengan mekanisme tourbillon ganda non-magnetik untuk meningkatkan akurasi sekaligus memaksimalkan transmisi energi, jam tangan ini justru dua kali lebih ringan dari baja tahan karat. Dengan mesin manual RD108 3 Hz yang mampu menampung cadangan daya sampai 72 jam, Roger Dubuis menawarkan performa jam tangan dengan penguasaan material dan desain yang seimbang untuk para kolektor dan pecinta horologi. Excalibur Double Tourbillon White Ceramic tersedia dalam edisi terbatas dengan jumlah 8 buah. 
 
CARRA NETHANIA
Editor: Mardyana Ulva
Foto: Roger Dubuis, Time International

 

Author

DEWI INDONESIA