Normalisasi Gaya Fashion Pasca Pandemi Bersama Ssst, Shining Bright, Elnov, dan Auctus
Hari kedua gelaran Jakarta Fashion Week 2023, Lazada menggandeng 4 label lokal Tanah Air mempersembahan presentasi fashion bergaya streetwear.
26 Oct 2022



Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Tanah Air, Lazada terus memberikan dukungannya bagi pergerakan fashion Indonesia. Hal ini dibuktikan lewat kerja sama dengan Jakarta Fashion Week, sebagai salah satu gelaran fashion terbesar di Asia Tenggara. Setelah terus bersama selama tiga tahun belakangan, Lazada kembali di tahun ke-4 mendukung penuh Jakarta Fashion Week 2023 sebagai official e-commerce partner.

Sebagai salah satu bentuk dukungannya, kali ini Lazada memberikan persembahan spesial lewat dua fashion show bertajuk Fashion of The Next Normal. Menggandeng delapan desainer berbakat Indonesia, yaitu  Shining Bright Co., Super Sentimental Secret Theory (SSST), Elnov, Auctus, Heaven Lights, Ederra, NUC.ID, dan MAIMA untuk  menghadirkan koleksi-koleksi eksklusif bersama Lazada. Dilaksanakan dua hari berturut-turut mulai tanggal 25-26 Oktober 2022 di City Hall, Pondok Indah Mall 3.

Di hari pertama, Lazada menampilkan 4 label pertama, yaitu Shining Bright Co., Super Sentimental Secret Theory (SSSt), Elnov, dan juga Auctus. Penampilan ke-4 label lokal ini disambut meriah dengan antusiasme para penggemar streetwear Ibukota yang begitu bersemangat menanti tren mode pasca pandemi yang layak mereka adaptasi ke gaya sehari-hari nantinya.
 


 

Fashion show dibuka oleh label asal Bandung, SSST, yang selalu hadir dengan karyanya yang unik dan memiliki cerita menarik di setiap koleksinya, tahun ini menjadi kedua kalinya hadir di JFW 2023 dengan membawa koleksi Sentimental Inmate. Koleksi ini terinspirasi dari sebuah perasaan mengapa kita merasa seperti terjebak dengan hal-hal yang membedakan masing-masing dari kita, membuat setiap dari kita merasa seperti tidak biasa karena jauh terpisah dari masyarakat. Dalam koleksi ini, SSST membuat sebuah perumpamaan perasaan, di mana seseorang merasa berada di kondisi kegelapan yang tak terputus oleh cahaya, seperti layaknya hidup dalam penjara.

Di sekuens kedua, Auctus mengambil alih area runway lewat koleksi bertajuk Feeling Euphoria. Koleksi ini terinspirasi dari drama dengan judul serupa yaitu Euphoria. Auctus percaya Euforia mode menghasilkan pola pikir budaya tentang ekspresi diri yang penting, di mana fashion tentunya merupakan suatu bentuk eksplorasi diri yang dapat diubah sesuai dengan perasaan untuk menjadikan seseorang unik dan menjadi sebuah seni.

Penampilan ketiga dilanjutkan oleh fashion show dari Shining Bright Co.. Sesuai dengan judulnya Primitive Jungle, koleksi Shining Bright Co. di JFW tahun 2023 ini, terinspirasi dari kata “jungle”. Shining Bright Co. mencoba untuk mengeksplorasi sisi lain dari hutan yang tidak melulu tentang kebuasan binatang dan lingkungan mereka, tetapi mencoba merangkul sisi keindahannya lewat grafik visual yang menggambarkan fisik, ambiens, atau momen dari hutan tersebut.

Di sekuens terakhir, Elnov mempersembahkan sebuah koleksi yang terinspirasi dari semarak Natal dan juga Tahun Baru lewat permainan warna yang identik dengan kebahagiaan. Terlebih sebentar lagi, kita akan menyambut suasana yang banyak membawa keceriaan bagi orang-orang tersebut. Elnov berharap setiap orang yang menggunakan koleksi dari Elnov pun bisa turut merasakan kebahagian yang sama.

Kolaborasi Lazada bersama Jakarta Fashion Week 2023 tidak hanya tercipta lewat fashion show saja. Lazada dan JFW 2023 juga mengajak para antusias fashion untuk mencoba fitur See Now Buy Now, di mana para penonton bisa langsung membeli koleksinya sesaat setelah menyaksikan fashion show. Kolaborasi ini adalah wujud dukungan Lazada untuk industri fashion Indonesia agar mampu berkreasi dengan bebas dan dikenal lebih luas oleh konsumen Indonesia. Lazada berkomitmen untuk menghadirkan ekosistem fashion yang terus tumbuh, salah satunya adalah dengan menciptakan platform yang menghubungkan desainer dengan konsumen.
 

JESSICA ESTHER
Foto: Jakarta Fashion Week

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA