Onitsuka Tiger Membawa Gaya & Tradisi Busana Jepang dalam Koleksi Musim Gugur/Musim Dingin 2023
Tata cara dan ritual memakai kimono menjadi inspirasi utama koleksi Onitsuka Tiger yang dikhususkan untuk kehidupan perkotaan
27 Feb 2023




Brand fashion asal Jepang, Onitsuka Tiger mempersembahkan koleksi Musim Gugur/Musim Dingin 2023 di Milan Fashion Week yang terinspirasi dari gaya & tradisi berbusana Jepang. Salah satu gaya berbusana yang diambil adalah “Urban Layering” berdasarkan tata cara dan ritual memakai kimono. Tradisi ini dilakukan dengan cara memakai banyak lapisan baju dalam satu tampilan, dimulai dari menaruh kain demi kain dengan berbagai bobot, dari pakaian dalam yang ringan sampai kimono asli di luarnya, yang kemudian diakhiri dengan ikat pinggang lebar. 

Tradisi ini kemudian diinterpretasikan oleh Direktur Kreatif Onitsuka Tiger, Andrew Pompilio, dengan menggabungkan DNA brand yang sporty, berjiwa aktif, dan mengutamakan estetika urban. Hasilnya, potongan pakaian khas suasana kota melengkapi koleksi ini, berupa mantel oversized yang terbuat dari bulu imitasi, mantel dengan potongan tailored berbahan wol dan detail padding. Ada juga setelan jas, hoodie dan kombinasi turtleneck dari rajutan mohair, kemeja berbahan chiffon, dress panjang maupun pendek dengan siluet flowy dan feminin, dan berbagai macam luaran dengan volume besar. 

Beberapa luaran dengan volume besar ini merupakan hasil kolaborasi Onitsuka Tiger dengan Zanter, yaitu pionir down wear di Jepang yang memproduksi baju luaran dengan bulu angsa. Bulu angsa yang dipakai adalah virgin down berkualitas tinggi, dan proses down-proof digunakan untuk mencegah bulu-bulunya agar tidak mencuat dari bahan pelapis, sehingga Zanter menjadi brand Jepang yang menawarkan produk autentik.

Koleksi sepatu yang ditampilkan juga merupakan sepatu yang khas untuk kehidupan di kota, seperti ankle boots dan below-the-knee boots dari bahan kulit yang ringan dan elegan, serta trainers yang menyerupai sepatu outdoor.

Warna yang bermunculan dalam koleksi ini memberikan kesan minimalis yang sesuai dengan warna signature brand, dimulai dari warna hitam signature yang ditambahkan nuansa warna abu-abu, beige dan percikan pumpkin orange. Nuansa warna oranye dan kuning yang menyegarkan juga muncul dalam koleksi ini.


CARRA NETHANIA

Foto: Onitsuka Tiger

 

 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA