Raf Simons Bergabung dengan Prada sebaga Co-Creative Director
Raf Simons akan berbagi peran dengan Miuccia Prada dan mendefinisikan kembali makna kreativitas dalam fashion
24 Feb 2020




Setelan bulan-bulan penuh spekulasi, Prada mengumumkan bergabungnya Raf Simons sebagai co-creative director mereka bersama Miuccia Prada. Berita ini diumumkan di penghujung gelaran Milan Fashion Week Fall 2020, lewat sebuah konferensi pers terbatas.

Seperti dilansir Business of Fashion pengangkatan Raf Simons akan mulai efektif pada 2 April 2020. Dan koleksi debut hasil kolaborasi dua kekuatan kreatif di dunia mode ini akan bisa kita saksikan dalam peragaan koleksi Spring/Summer 2021 di Milan Fashion Week September mendatang.

Raf menjadi aset kreatif utama Prada yang berasal dari luar keluarga Prada. Rupanya desainer asal Belgia itu sudah dilirik pejabat eksekutif Prada, Patrizio Bertelli, sejak ia keluar dari Calvin Klein beberapa waktu silam. Ini memang bukan kali pertama Miuccia dan Bertelli menggandeng Raf untuk bekerja sama. Sebelumnya, Raf ditunjuk sebagai Pengarah Kreatif Jil Sander pada 2005 kala Prada masih memegang kontrol atas brand tersebut.

Dalam sesi konferensi pers tersebut, kedua desainer menyampaikan antusiasme dan apresiasi mereka atas satu sama lain. Raf menyebut Miuccia sebagai seorang pionir sejati. “Dalam tiap level saya bisa melihat visi yang jelas, pandangannya atas dunia, pola pikirnya, dan pendapat politiknya,” kata Raf sebagaimana dilansir Business of Fashion.

Di sisi lain, Miuccia juga mengapresiasi eksplorasi dan orisinalitas Raf Simons dalam berkarya. “Sering ketika saya mempunyai sebuah ide fantastis, rekan kerja saya Olivier menyatakan, ‘Miuccia, Raf sudah melakukan itu sebelumnya,’” katanya.

Penunjukan Raf sebagai Co-Creative Director Prada memang menjawab kasak-kusuk beberapa waktu belakangan ini. Namun hal ini juga membuka spekulasi baru akan kemungkinan Miuccia pensiun dan apakah Raf akan ditunjuk sebagai penggantinya.

Menanggapi hal itu, Miuccia menampiknya dengan santai. Akan tetapi jika dilihat dari periode kontrak Raf yang menurut Miuccia “secara teknis, selamanya” tak menutup kemungkinan bahwa pengangkatan Raf sebagai satu strategi untuk memastikan transisi yang halus jika Miuccia memutuskan pensiun dalam waktu yang akan datang. (SIR). Foto: Dok. Istimewa.




 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA