Rayakan Kemerdekaan Indonesia, Simak Gala Mode Virtual Nusantara Fashion Festival 2020
Pesta mode yang gempita dipersembahkan oleh Bank BRI dalam merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-75
19 Aug 2020




Bertepatan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun, virtual fashion show bertajuk Nusantara Fashion Festival 2020 (NUFF) digelar Kementerian BUMN melalui Bank BRI sebagai dukungan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan industri mode tanah air. Diselenggarakan tanggal 16 dan 17 Agustus 2020, sebanyak 75 kolaborator perancang busana, label, brand, dan UMKM mode menampilkan rancangan terbaiknya mulai dari pakaian, sepatu, aksesori, kerajinan tangan, dan riasan.

Di hari pertama, panggung mode digital ini mempresentasikan karya dari 59 kolaborator mulai dari Aidan And Ice, BYO, fbudi, Lulu Lutfi Labibi, Sean Sheila, Denny Wirawan, Toton, hingga Tulola. Sementara di hari kedua, keriuhan berlanjut dengan Special Gala Show NUFF 2020, sebuah presentasi karya 16 perancang busana antara lain Adrian Gan, Mel Ahyar, Edward Hutabarat, Didi Budiardjo, dan Rinaldy A. Yunardi. Acara ini juga dimeriahkan oleh lantunan lagu dari Afgan, Hindia, Rossa, dan Sara Fajira.

 


Tidak mudah meramu acara offline menjadi tayangan yang dapat dinikmati dengan pengalaman maksimal secara virtual. Bertindak sebagai Art Director dan salah satu Kurator NUFF, Jay Subyakto berusaha menghadirkan panggung mode virtual melalui ambience dan juga detail pengalaman menyaksikan produk mode dari layar kaca. Bersama segenap tim, ia menggabungkan presentasi mode digital yang memperlihatkan detail dari rancangan, bahan dan identitas dari setiap karya, dipadukan dengan rangkaian acara yang ditayangkan secara live stream.

Tidak hanya berbentuk pagelaran busana, NUFF 2020 juga menghadirkan Virtual Charity Auction yang menghadirkan 10 karya ekslusif hasil kolaborasi seperti Sepatu Compass x Sejauh Mata Memandang, Darbotz x Bluesville, NIION x Rama Dauhan, TANGAN x Abenk Alter, dan Rinaldy A Yunardi x Museum of Toys featuring Putu Arya. Produk-produk eksklusif ini telah dilelang secara virtual melalui situs NUFF 2020. Seluruh keuntungan yang didapat disumbangkan kepada UMKM sektor mode yang membutuhkan melalui Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS).

 


Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menyatakan NUFF 2020 merupakan perwujudan semangat kemerdekaan yang dijunjung oleh pekerja seni dan mode Indonesia untuk maju. “Kami harapkan acara ini dapat menjadi wujud perjuangan industri kreatif untuk dapat mengakselerasi UMKM di sektor mode serta mempresentasikan karya dan produk mode tanah air. Dukungan ini juga merupakan bentuk nyata upaya Bank BRI mendukung UMKM yang tengah berjuang untuk bangkit di tengah pandemi,” ungkapnya. (WAHYU SEPTIYANI) Foto: Dok. NUFF
 

 

Author

DEWI INDONESIA