Seniman Sterling Ruby Rilis Label Fashion yang Disebut Sebagai Debut Terbaik Desainer
Sterling sebelumnya pernah berkolaborasi dengan Dior, Raf Simons hingga Calvin Klein
17 Jun 2019



Debut perdana Sterling terdiri dari koleksi pria dan wanita. (Foto via NY Times)



Seniman Sterling Ruby merilis koleksi penuh lini pakaiannya. Perupa yang dikenal luas karya seni rupa mulai dari tekstil, lukisan, keramik, hingga instalasi monumental ini sebelumnya pernah berkolaborasi dengan Raf Simons untuk koleksinya bagi Dior pada 2012 ataupun Calvin Klein. Dirilis pada Pitti Uomo, Florence, Sterling Ruby merilis label pakaian yang diberi nama S.R. Studio. LA.CA.

Sterling Ruby sebelumnya merupakan salah satu seniman kontemporer terkaya di Amerika Serikat. Pria kelahiran Jerman lebih dari empat dekade lalu ini dikenal lewat karyanya yang eksploratif.
 
 
Perkenalan Sterling dengan mesin jahit sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. Sterling mulai belajar menjahit sejak usia 13 tahun. Dan setidaknya telah 33 tahun telah menjahit dan merancang pakaiannya sebagai bagian dari eksplorasi seni.
 
Debut perdana Sterling Ruby dianggap menyatukan dua dunia: fashion dan seni. (Foto via SR Studio)


Pada 2016, Sterling merilis pameran bertajuk Work Wear: Garment and Textile Archive 2008-2016. Pameran ini memamerkan beragam seragam kerja dan karya tekstil dari Sterling yang punya visi berbeda.

Nafas yang sama, ternyata juga diusung oleh Sterling dalam debutnya. Denim-denim yang terciprat cat, yang dicucui dan didekonstruksi sedemikian rupa bak lukisan abstrak adalah salah satu kekuatan koleksi perdananya.

“Ini bisa dibilang debut desainer baru terbaik yang saya datangi sejauh ini,” kata jurnalis senior British Vogue Suzy Menkes.
 

 

Author

DEWI INDONESIA