Upaya Mewujudkan Mode Berkelanjutan Melalui Teknologi Epson
Peran JFW 2024 untuk mendukung industri mode yang lebih berkelanjutan bersinergi dengan komitmen perusahaan teknologi global, Epson.
12 Nov 2023




Melalui teknologi perangkatnya, Epson terus berupaya menghasilkan percetakan tekstil yang ramah lingkungan. Kolaborasi JFW 2024 dan Epson pun terwujud dalam show "Epson presents “Sustainable Fashion", pada tanggal 25 Oktober 2023 lalu, yang menampilkan tiga jenama lokal terkemuka, NADJANI, Aleza, CALLA The Label.

NADJANI, Aleza, CALLA The Label adalah jenama fashion yang telah dikenal dengan rancangan mereka yang penuh warna. Pada kesempatan tersebut, Epson berperan untuk mencetak dan memproduksi koleksi baru jenama-jenama tersebut yang diperagakan di panggung JFW 2024.

 


 
Sambutan Tiga Jenama Penuh Warna

Komitmen Epson disambut baik oleh tiga jenama yang terlibat dalam show “Sustainable Fashion”Founder CALLA The Label, Yeri Afriyani, merasa senang dapat bekerja sama dengan pemimpin teknologi seperti Epson yang meyakini fashion berkelanjutan. "Kolaborasi dengan Epson di JFW 2024 merupakan bukti komitmen CALLA The Label, dan kami berharap dapat menciptakan lini fashion yang lebih berkelanjutan di masa depan,” ujar Yeri.

Yeri juga bercerita tentang pengalamannya menggunakan printer Epson untuk rancangan CALLA THE LABEL. “Seringkali, warna rancangan yang  digambar di gadget berbeda ketika dicetak pada fabrics. Tapi, printer Epson bisa menghasilkan warna yang sama dengan gambar digital dan tetap vibrant. Sangat membantu pada apa yang mau saya tampilkan,” kata Yeri.
 
Managing Director Aleza, Dia Demona, juga menyatakan pentingnya mencetak kain dengan proses yang ramah lingkungan bagi seorang desainer. “Meskipun kami secara aktif memanfaatkan tren dan gaya, keberlanjutan sebuah produk fashion merupakan inti jenama kami. Inovasi Epson menjadi tambahan luar biasa dalam perjalanan Aleza,” tambah Dia.
 
Lebih lanjut, Dia merasa puas menggunakan printer Epson karena mampu membantu mencetak warna sesuai yang Aleza inginkan. “Epson dapat memberikan output warna yang akurat sesuai sketsa digital pada bahan pakaian yang kami gunakan,” cerita Dia yang menampilkan koleksi berjudul “Nychthemeron”.


 
Sedangkan founder NADJANI, Nadya Amatullah Nizar, mengatakan bahwa penggunaan printer Epson dapat mengurangi produksi limbah dan efisiensi energi dalam sebuah produksi fashion. “Hal tersebut merupakan kontribusi yang signifikan dalam mengurangi jejak karbon dan melindungi lingkungan,” ujar Nadya.
 
NADJANI sendiri mengaku sebagai pemakai setia printer Epson F Series sejak tahun 2018. Hal ini karena printer Epson mampu membantu memberikan output warna yang memuaskan dibanding ketika menggunakan percetakan lain. “Warna dari printer Epson sama seperti yang saya gambar di gadget, tetap cerah dan terang, juga tidak luntur walau dicuci berulang kali,” sebut Nadya yang membawa koleksi berjudul "Artistic Nautical".
 
Pada akhirnya,
Head of Vertical Business PT Epson Indonesia, Lina Mariani, mengungkapkan kolaborasi Epson dengan jenama-jenama mode yang memiliki tujuan yang sama, seperti NADJANI, Aleza, dan CALLA The Label, juga JFW 2024, akan membantu mendorong seluruh brand Indonesia untuk mengadopsi praktik percetakan tekstil yang lebih berkelanjutan.



Disadur dari Jakarta Fashion Week 2024
Foto: Getty Images JFW2024

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA