William De Morgan: Seniman Keramik yang Menginspirasi Koleksi Spesial Loewe
Loewe meluncurkan koleksi kapsul yang terinspirasi dari corak ubin seniman keramik asal Inggris William De Morgan.
6 Dec 2019


1 / 7
Semangat musim liburan menghadirkan berbagai koleksi spesial yang diluncurkan oleh sebagian besar rumah mode. Di penghujung tahun ini, Loewe, rumah mode asal Spanyol yang berbasis di Madrid menghadirkan koleksi Loewe De Morgan. Koleksi Loewe De Morgan ini adalah koleksi kapsul yang terdiri dari busana siap pakai, aksesori, juga hiasan charm yang mengambil inspirasi dari karya-karya ikonis William De Morgan. De Morgan sendiri adalah seorang seniman keramik asal Inggris yang berjaya pada sekitar tahun 1839 – 1872. Di tahun tersebut, De Morgan mendesain ubin, stained glass atau kaca patri, dan furnitur untuk Morris & Co. Corak pada ubin hasil karyanya memiliki goresan desain yang ikonis, desainnya bergaya medieval juga memiliki corak Arab yang khas.

Pada koleksi kapsul yang diluncurkan Loewe, beberapa bentuk binatang khas De Morgan juga corak floral diaplikasikan pada mantel juga tas. Terlihat pula corak tersebut dijahit tangan pada scarf dan juga busana rajut. Keseluruhan tampilan pada koleksi ini memberi kebebasan berimajinasi serta bebas mengekspresikan elemen keajaiban ke dalam kehidupan masa kini. Selain itu berbagai seri koleksi tas Loewe pun turut diberi 'sentuhan' De Morgan, sehingga spesial dan sangat kuat sisi eklektiknya.
 
Absurditas sebagai elemen penarik perhatian terlihat pada garmen tambahan misalnya buntut naga dari bahan wol juga beanie rajut yang ada tanduknya . Direktur Kreatif Loewe, Jonathan Anderson menuturkan bahwa setiap tahunnya Loewe selalu memilih inspirasi baru dari maestro seni yang ikonis. Dan De Morgan, sebagai seniman keramik pertama yang dianggap memiliki peran sangat penting pada sejarah pergerakan seni dan kerajinan tangan, dimana corak-corak fantasi dalam rangkai warna vivid yang diciptakannya sangat indah dan bergejolak, tentunya akan memperkaya koleksi serta craftsmanship Loewe. (EM) Foto: dok. Loewe.

 

 


Topic

Koleksi spesial Loewe De Morgan

Author

DEWI INDONESIA