Resep Granola ala Chef Roberto Bellitti, Nirjhara Resort
Roberto Bellitti, Executive Chef di Nirjhara Resort, membagikan resep granolanya kepada pembaca Dewi.
15 Oct 2020


Nirjhara Granola Greens and Grains Salad

Selain mudah untuk dibuat di rumah (Anda hanya perlu oven dan mangkuk, selain bahan-bahan tentunya), granola buatan sendiri juga umumnya lebih sehat karena Anda bisa menakar sendiri kadar gula dan bahan-bahan lainya yang digunakan ketimbang membeli granola yang sudah jadi—yang umumnya memiliki kandungan gula cukup tinggi.
 
Saat saya menginap di Nirjhara beberapa waktu lalu, saya jatuh hati pada granola yang dihidangkan Ambu, restoran Nirjhara, yang digawangi oleh Executive Chef Roberto Bellitti. Granola buatan Roberto renyah, tidak terlalu manis, dan padat akan beragam biji-bijian dan kacang-kacangan.
 
Selain tampil di granola bowl atau smoothie bowl saat makan pagi, granola ini juga menjadi campuran salad hijau segar yang saya nikmati saat makan malam. It’s so versatile, sampai saya memaksa chef asal Italia ini untuk membagikan resepnya kepada saya—dan kini saya bagikan kepada Anda.

 
 
 
Nirjhara Granola Smoothie Bowl

 
Granola ala Nirjhara
Bahan-bahan (untuk 1 Kg granola)
Gandum utuh (oat)                  300gr
Kacang mede mentah             100gr
Kacang tanah mentah             100gr
Kacang almond mentah          100gr
Kacang pecan mentah             100gr
Biji bunga matahari mentah   100gr
Gula kelapa                              100gr
Air perasan dari 2 buah jeruk segar (80ml)
Air perasan dari 3 buah jeruk nipis segar (60ml)
Air putih                                   50ml
 
Cara Membuat
  • Panaskan oven di suhu 130C.
  • Pisahkan gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang Anda gunakan di loyang berbeda untuk dipanggang—karena masing-masing memiliki waktu pematangan yang berbeda.
  • Panggang minimal selama 30 menit atau hingga berwarna keemasan. Pastikan untuk mengecek setiap beberapa saat karena bahan-bahan ini sangat mudah hangus. Keluarkan dari oven, campur semua bahan menjadi satu dan sisihkan.
  • Saat bahan-bahan sedang di dalam oven, buat sirup. Campur air dan gula kelapa dalam sebuah panci kecil, panaskan dengan api kecil hingga cairan tereduksi dan memiliki kekentalan seperti sirup.
  • Campurkan air perasan atau jus jeruk dan jeruk nipis ke dalam panci, panaskan lagi hingga tereduksi menjadi 1/3-nya.
  • Angkat sirup dari api, tuangkan ke campuran granola dan aduk hingga merata dan seluruhnya terlapis sirup.
  • Tuang dan ratakan adonan ke atas loyang dan panggang lagi selama 10 menit di suhu 170C hingga berwarna kecokelatan. Keluarkan dari oven dan sisihkan hingga dingin.
  • Saat granola sudah dingin, pecah-pecah menjadi kepingan kecil dan simpan dalam wadah tertutup rapat. Granola akan bertahan hingga 2 minggu. (MU) Foto: MU, Unsplash (American Heritage Chocolate, Daniel Cabriles)

 

Author

DEWI INDONESIA