5 Podcast untuk Mengisi Hari Selama Social Distancing
Isi rutinitas social distancing Anda di rumah dengan obrolan insightful dari lima podcast berikut
26 Mar 2020


Behind the scene Pardon my French with Garance Doré.

Terlalu lama menghabiskan waktu di rumah tentu bisa membuat seseorang mati gaya. Thank God, we are now living in the 21st century with so many ways to keep us occupied even at home. Salah satu cara yang saya lakukan untuk mengisi hari-hari saya di saat seperti ini adalah dengan mendengarkan obrolan-obrolan penuh insight dari beberapa podcast.

Untuk itu, berikut ini lima rekomendasi podcast yang kami rasa bisa memberikan Anda perspektif dan wawasan baru tanpa mesti keluar rumah.

 

The Business of Fashion Podcast
Salah satu media berpengaruh di industri mode global, Business of Fashion, hadir dalam format podcast. Dalam podkas mereka, Business of Fashion mengundang berbagai ahli, pelaku kreatif, pelaku industri, dan pemikir terbaik di dunia mode global untuk membicarakan isu-isu dan tantangan yang dihadapi industri mode saat ini.

Belakangan, mereka memperkenalkan program baru, yaitu #BoFLive sehubungan untuk merespons pandemi COVID-19. Salah satunya adalah pembicaraan mereka dengan Editor in Chief Vogue Italia, Emanuele Farneti tentang bagaimana industri mode di Italia merespons pandemi COVID-19 yang melanda negara mereka. Termasuk tentang bagaimana ia dan timnya menyesuaikan strategi produksi konten yang relevan. Podcast ini bisa Anda akses lewat platform Spotify.
 

Dior Talks
Podcast lain yang juga bisa mengisi hari-hari social distancing Anda Ialah Dior Talks. Rumah mode asal Perancis itu membuat platform percakapan dengan tema feminist art di mana mereka membicarakan proses kekaryaan seniman-seniman perempuan.

Dalam episode perdananya, Maria Grazia Chiuri bicara tentang bagaimana feminist art mempengaruhi proses kreatifnya. Kemudian di episode kedua, Dior mengundang salah satu seniman kolaborator mereka, Judy Chicago membicarakan proses kolaborasinya dengan Dior. Dan di episode teranyar, mereka mengundang Paola Ugolini untuk membicarakan kian maraknya feminist art. Podcast ini bisa Anda akses di situs resmi Dior Talks.

 

On Being with Krista Tippet
On Being adalah sebuah podcast yang akan mengajak Anda merenungi makna menjadi manusia. Entah itu dari sudut pandang spiritualitas, sains, social healing, dan seni. Suara perbincangan antara Krista Tippet dan narasumbernya yang menenangkan membuat Anda terbawa dalam topik percakapan mereka.

Salah satu episode yang menarik adalah obrolannya dengan seorang ahli fisika, Carlo Rovelli tentang bagaimana realitas kita sejatinya adalah jejaring interaksi dan perspektif baru yang ia tawarkan untuk melihat hal itu.
 

Pardon My French with Garance Doré
Penulis dan ilustrator fashion Garance Doré menyajikan obrolan-obrolan personal dengan berbagai pelaku mode dunia. Doré punya caranya untuk membuat percakapan yang sangat bersahabat dan intim sehingga Anda serasa tengah mendengarkan percakapan dua kerabat dekat.

Salah satu episode yang paling berkesan adalah percakapannya dengan mantan Editor in Chief French Vogue, Joan Juliet Buck. Keduanya membicarakan memoir terbaru Joan, The Price of Illusion, dengan amat intim.

 

Still Processing
Jika Anda menyukai budaya populer, podcast yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan Anda. Dua penulis budaya populer dari The New York Time, Wesley Morris dan Jenna Wortham membicarakan pemaknaan produk-produk budaya populer. Entah itu relevansi karya-karya klasik, hingga fenomena yang kita saksikan hari ini seperti popularitas brand Goop dari Gwyneth Paltrow dan diskursus wellness yang dibawanya. Hingga persoalan sedotan plastik sekali pakai atau pemaknaan ulang peran Brand Pitt dalam film Fight Club.

Pembicaraan mereka menjadi menarik untuk diikuti karena kedua host membawakannya dengan ringan, tidak intimidatif, tetapi tentu penuh bobot dan perspektif baru. (SIR). Foto: Dok. Istimewa.



 





 

 


Topic

Culture

Author

DEWI INDONESIA