Lewati Hari-hari Social Distancing dengan 5 Buku Ini
Stay inside, wash your hands, and catch up on your readings, ladies!
27 Mar 2020



I Know Why the Caged Bird Sings oleh Maya Angelou
Penyair Maya Angelou menuliskan kisah hidupnya dalam memoar I Know Why the Caged Bird Sings. Dalam buku ini Maya menceritakan masa kecilnya dan kehidupannya Sebelum akhirnya dikenal sebagai salah satu penyair penting di era modern.

Dalam bukunya Maya menghadirkan cerita yang senyata-nyatanya. Sarat harapan dan luka. Lewat tiap-tiap kalimatnya, Maya tak hanya sedang menceritakan kembali. Ia juga tengah berkaca, menghadapi kembali masa lalunya dan mengajak kita berkaca pula bersamanya. Membuat membaca buku semacam menelusuri pergulatan Maya sekaligus terkoneksi dengannya di level personal paling personal.

 

The Selfish Gene oleh Richard Dawkins
Richard Dawkins adalah seorang ahli biologi evolusi asal Inggris dan The Selfish Gene adalah buku sains pertamanya serta salah satu karya kanonnya. Di buku ini Richard berargumentasi bahwa manusia terlahir dengan gen egois dan gen itulah yang bertanggung jawab atas evolusi kita. Hal ini juga tercermin dalam tindakan-tindakan manusia.

Bahkan kegiatan-kegiatan alturistik juga boleh jadi ternyata menjadi selubung dari keegoisan yang sudah terprogram dalam diri manusia. Dan yang memungkinkan manusia terus bertahan dan berevolusi hingga hari ini. Bacaan sains ini cocok menjadi teman Anda melewati social distancing dengan pembahasannya yang konfrontatif dan membuka sudut pandang dalam melihat manusia sebagai spesies dan relasi kita dengan lingkungan. (SIR). Foto: Dok. Istimewa.



 

 


Topic

Culture

Author

DEWI INDONESIA