IPMI Trend Show 2020: Refleksi Diri Tri Handoko
Tri Handoko menghadirkan koleksi yang peronal dan sentimentil


1 / 8
Peragaan Tri Handoko di gelaran IPMI Trend Show 2020 boleh jadi salah satu momen istimewa bagi desainer sekaligus Executive Chairman IPMI itu. Bukan hanya karena ia mendapat kejutan ulang tahun seusai peragaan. Peragaan ini pun merupakan ekspresi dari kontemplasi personalnya.

Kepada Dewi, Tri menjelaskan inspirasinya. “Ini merupakan cerita tentang perjalanan saya mencari kenyamanan, kebahagiaan, kedamaian, atau apa pun yang disebut orang,” katanya. Ia lantas melanjutkan, selama ini sebagai individu kita kerap mencari hal-hal di luar diri kita untuk merasa penuh. Padahal segala hal yang bisa membuat manusia merasa utuh dan cukup ada di dalam diri masing-masing.

“Enggak perlu jauh-jauh. Saya menemukan cara mencintai diri sendiri dan berkomunikasi dengan diri sendiri itu ketika saya bercermin, atau ya ini dengan self-portrait,” ujarnya.

Self Portrait” dipilihnya pula sebagai tema koleksi dan peragaannya itu. Ketika berkontemplasi dengan diri, biasanya kita cenderung menanggalkan elemen-elemen yang tak perlu dari luar. Kita akan fokus. Demikian pula dengan koleksi Tri Handoko ini.

Tri menjelaskan ia mengerjakan koleksi ini selama enam bulan. Koleksi ini lalu ia rilis di bawah naungan brand yang ia garap bersama Cut Mini, Cut Tri.

Koleksinya nampak minimalis dengan potongan-potongan yang bersih dan warna hitam-putih. “Menurut saya warna hitam dan putih itu bisa bercerita tentang banyak hal,” jelas Tri. Ia mengeksplorasi garis-garis pakaian yang lebih sleek dan structured dengan pendekatan modest wear.

“Dengan ini saya juga ingin memberikan opsi kepada perempuan behijab, bahwa baju yang mereka pakai tidak mesti klise. Makanya ini saya buat lebih sleek, clean cut, dan structured,” jelasnya lagi. (SIR). Foto: Tri Handoko.


 
 

 


Topic

Runway Report

Author

DEWI INDONESIA