Jil Sander Spring/Summer 2020: Elegansi Kontemporer
Masih mengusung esensi minimalis, duo suami istri Meier mencoba melunakan siluet Sander


1 / 19
Duo Pengarah Artistik Jil Sander Luke dan Lucie Meier mencoba memberikan sentuhan yang lebih lembut untuk koleksi musim semi/panas 2020 Sander. Dengan tetap memegang teguh esensi minimalis, pasangan suami istri tersebut mencoba melunakkan siluet khas Sander dengan memadankan item-item dengan jahitan dengan struktur tegas dengan pakaian yang lebih ringan.

Keduanya juga mencoba mengorporasikan motif-motif dengan garis halus. Entah itu motif marmer kreasi mereka yang terinspirasi dari gerakan seni psikadelik, ilustrasi lanskap jalanan warna pastel, hingga ilustrasi dua ikon zodiak keduanya: sepasang ikan perlambang Pisces (Lucie) dan gambar seorang gadis representasi Virgo (Luke).

Selain itu, pasangan pengarah artistik ini juga mencoba eksperimen lain. Rafia mereka pilih sebagai material untuk digunakan membuat detil-detil pakaian dalam koleksi ini. Pakaian-pakaian dengan detil rafia ini menghasilkan tampilan yang tak terduga.

Ada jas dengan jumputan rafia yang mencuat dari bagian dadanya, atau aplikasi rafia layaknya fringe pada bagian ujung gaun panjang lurus. Detil ini memberikan tekstur yang kontras dan penampakan layaknya karya seni kontemporer.

Secara umum, koleksi rancangan Lucie dan Luke Meier untuk Jil Sander kali ini bisa dibilang sebagai usaha yang cukup berhasil, meskipun estetika minimalis modern ala Céline (ya Céline dengan é) yang mereka bawa ini tengah padat dimainkan banyak desainer lainnya. (SIR). Foto: Jil Sander.
 

 


Topic

Runway Report

Author

DEWI INDONESIA