Cara Tepat Layering Skincare untuk Kulit Sehat Berkilau
Ini dia rumus dasar menentukan urut-urutan perawatan kulit untukmu.
11 Jun 2020


Produk perawatan kulit atau skincare kini sudah begitu lumrah bagi banyak orang. Sesederhana apapun, tiap-tiap orang pasti mempunyai metode dan rutinitas penggunaan produk perawatan kulit. Tak sedikit pula perempuan yang mendalami seni penggunaan skincare dengan menggunakan beberapa produk sekaligus.

Hal ini tak jarang membuat bingung beberapa orang yang baru mencobanya. Pertanyaan harus dimulai dari mana dan bahan aktif mana yang tak boleh digunakan di saat bersamaan menjadi dua yang paling mendasar. Untuk itu berikut ini beberapa rumus dasar tepat guna dalam melakukan

Mulai dari yang teksturnya paling ringan
Produk skincare dengan tekstur ringan seperti serum tidak mempunyai kemampuan penetrasi yang dalam. Untuk itu, serum sebaiknya digunakan di tahapan-tahapan pertama skincare routine-mu. Misalnya langsung setelah membersihkan wajah. Sehingga lebih efektif dalam mengatasi masalah kulit Anda. Meski demikian tidak semua serum cocok digunakan langsung, maka dari itu penting pula memperhatikan teksturnya.

Selain itu, jika Anda termasuk orang dengan kulit sensitif ada baiknya Anda menggunakan moisturizer atau toner dengan hidrasi yang cukup dan menyiapkan kulit Anda sebelum terpapar serum berbahan aktif.


 

Tambahkan antioksidan
Setelah itu, ada baiknya untuk menambahkan produk antioksidan yang mengandung vitamin C. Bahan yang satu ini punya khasiat untuk mencerahkan dan melindungi kulit dari sinar matahari. Itu mengapa produk ini terutama cocok digunakan untuk rutinitas perawatan kulit di pagi hari.

Namun ingat baiknya vitamin C tidak digunakan bersamaan dengan produk-produk yang mengandung alpha hydroxy acid seperti glycolic. Maka dari itu, jika Anda sedang menggunakan produk berbahan asam aktif, alternatif antioksidan lain yang bisa digunakan antara lain produk dengan kandungan Green Tea atau resveratrol.

Biarkan produk meresap
Kami serius, biarkan produk yang Anda gunakan meresap terlebih dulu. Berikan jeda 1-2 menit sebelum kembali menggunakan produk berikutnya. Langkah sederhana, tetapi sering terlupa.

 

Kunci semua produk
Terakhir, kunci semua produk yang sudah Anda gunakan dengan membalurkan moisturizer ke seluruh area wajah. Anggap moisturizer adalah segel yang memastikan zat-zat aktif yang Anda gunakan bekerja lebih efektif karena tidak terpapar pengaruh dari luar kulit yang tertahan pelembap wajah Anda.

Jika Anda ingin perawatan dan kelembapan yang lebih intens, Anda juga bisa membalurkan sedikit face oil. Kami merekomendasikan Rosehip Oil yang cenderung cocok digunakan berbagai jenis kulit dan punya khasiat memperbaiki tekstur wajah. Yang istimewa dari face oil adalah teksturnya yang bisa menembus pelembap wajah dan tetap efektif merawat wajah.

Sentuhan akhir
Khusus untuk rutinitas perawatan wajah di pagi hari, jangan lupa untuk mengaplikasikan produk yang paling penting: tabir surya alias sunscreen. Selain melindungi kulit Anda dari cahaya matahari, tabir surya juga memastikan produk yang Anda gunakan tidak menguap begitu saja.

Produk istimewa
Jika ingin menaikkan level perawatan kulit Anda, cobalah untuk menggunakan produk istimewa seperti retinol. Zat aktif yang satu ini bisa memberikan Anda penampilan kulit yang lebih muda dengan khasiatnya mengeksfoliasi dengan dalam. Namun khasiatnya yang intens membuatnya tidak bisa sembarangan dipadankan dengan zat lain. Khususnya vitamin C dan salicylic acid yang merupakan dua bahan aktif. retinol juga sebaiknya tidak digunakan pada siang hari karena sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Ketika Anda menggunakan retinol, the less the better. Anda hanya tinggal membubuhkan pelembap wajah dan bahkan bisa melewati tahapan eksfoliasi selama dua hari ke depan. (SIR.) Foto: Unsplash (Noah Busche, Toa Heftiba, Rafaella Mendes Diniz, Matthew Tkocz).



 

 


Topic

Beauty tip

Author

DEWI INDONESIA