Tips Merawat Kulit Selama Menggunakan Masker
Cegah masalah kulit akibat penggunaan masker yang intens di era New Normal
9 Jun 2020


Seiring dengan pelonggaran aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), protokol kesehatan baru pun diberlakukan. Satu hal yang paling utama adalah penggunaan masker untuk meminimalisasi risiko penularan virus penyebab pandemi COVID-19.

Tentunya protokol kesehatan ini mempunyai konsekuensinya. Terutama terhadap kesehatan kulit wajah. Penggunaan masker dalam jangka waktu panjang memang bisa menimbulkan stress pada kulit wajah. Sebabnya kurangnya sirkulasi udara akibat penggunaan masker yang ketat. Hal ini bisa membuat kulit wajah pengap dan berakibat iritasi.

Untuk itu, kami merangkum perawatan apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencegah masalah kulit akibat penggunaan masker yang intens di era New Normal.


 

Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut
There’s a great chance that your skin is already under a great stress at the end of the day. Maka dari itu pertama-tama bersihkan wajah Anda dengan pembersih yang lembut. Anda bisa menggunakan milk based cleanser atau oil based cleanser yang kerap bisa memberikan hidrasi tambahan pada kulit dan membuatnya terasa lebih kenyal.

Beberapa pembersih wajah dengan bahan dasar susu yang bisa Anda pilih antara lain Fresh Soy Face Cleansing Milk, Caudalie Cleansing Milk, dan Clarins Cleansing Milk with Alpine Herbs. Sementara untuk pembersih berbahan dasar minyak, beberapa yang bisa Anda coba antara lain Fresh Seaberry Skin Nutrition Cleansing Oil dan Kiehl’s Creme de Corps Smoothing Oil-To-Foam Body Cleanser.

 

 

Toner untuk Menenangkan Kulit Wajah
Setelah wajah bersih, Anda bisa menggunakan toner wajah yang mengandung bahan-bahan dengan khasiat menenangkan kulit. Salah satunya adalah toner dengan kandungan Aloe Vera dan Niacinamide. Misalnya Paula’s Choice Skin Recovery Enriched Calming Toner, Mario Badescu Aloe Vera Toner, dan Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol Free Toner.


 

Kurangi Serum Berbahan Aktif
Karena kemungkinan besar kulit Anda sudah mengalami banyak stres sepanjang hari, maka ada baiknya mengurangi penggunaan serum berbahan aktif seperti acid exfoliator. Gunakan serum jenis ini 1-2 kali seminggu di awal dan akhir pekan. Sementara itu di hari-hari biasa Anda bisa menggunakan serum yang berkhasiat memberikan hidrasi lebih terhadap kulit.

Anda bisa menggunakan La Roche-Posay Hyalu B5 Pure Hyaluronic Acid Serum, Paula’s Choice Hyaluronic Acid Booster, dan Drunk Elephant B-Hydra Intensive Hydration Serum.

 

 

Sleeping Mask
Terakhir, pastikan kulit Anda mendapatkan hidrasi maksimal sepanjang malam dengan menggunakan sleeping mask. Beberapa yang bisa Anda coba antara lain Laneige Water Sleeping Mask, Glow Recipe Watermelon + AHA Glow Sleeping Mask, dan Shiseido WASO: Hydrating Gel Beauty Sleeping Mask. (SIR.) Foto: Unslplash (Aiony Haust, Dok. Istimewa.




 

 


Topic

Beauty Tip

Author

DEWI INDONESIA