Pelajari 5 Fakta Berikut Sebelum Berlibur ke New Zealand
Orang Indonesia masih sering salah kaprah dengan New Zealand, ini dia 5 hal yang perlu Anda ketahui
30 Sep 2019


New Zealand


Pesona New Zealand memang tak ada habisnya. Suasana alam yang menyegarkan menjadikan negara ini destinasi wisata yang pas bagi Anda dan keluarga. Meski demikian, tak bisa dipungkiri jika negara di wilayah Oseania ini memang belum awam bagi kebanyakan orang. Untuk, itu berikut ini 5 fakta yang perlu Anda ketahui sebelum berlibur ke New Zealand.

Di Mana Letak New Zealand?

Mungkin banyak di antara Anda yang belum mengetahui secara pasti letak New Zealand. Secara geografis, New Zealand berada di Oseania yang meliputi Australia, Melanaesia, Micronesia, dan Polynesia. Wilayah New Zealand juga terdiri dari dua Pulau utama, Pulau Utara dan Pulau Selatan serta sejumlah pulau kecil. Anda dapat menyewa dan mengendarai mobil atau campervan untuk menjelajahi wilayah kepulauan ini.

Jika Anda memilih untuk mengendarai mobil sendiri di New Zealand, Anda mesti memiliki Surat Izin Mengemudi Internasional dan mengenali rambu-rambu jalan setempat. Sama seperti di Indonesia, kursi pengemudi berada di sebelah kanan.

 
 
Rute perjalanan darat untuk mengelilingi New Zealand


Rute Terbaik Mengelilingi New Zealand

Apabila Anda hendak memulai perjalanan dari Pulau Utara, Twin Coast Discovery Highway dapat menjadi salah satu rute pilihan. Sementara, jika Anda memulai perjalanan dari Pulau Selatan, rute The Great Alphine Highway cukup menarik untuk disusuri. Rute ini dimulai dari Christchurch dan melewati State Highway 73. Sepanjang rute ini, Anda dijamin akan dimanjakan pemandangan ngarai-ngarai sungai yang menakjubkan. Anda juga bisa melihat rute lain untuk menjelajahi New Zealand di laman resminya.

 
 
Visitor Visa New Zealand bagi wisatawan Indonesia.

Apakah Visa Dibutuhkan?

Untuk berkunjung ke New Zealand, wisatawan Indonesia memerlukan visitor visa. Pengajuan visa ini bisa dilakukan secara online melalui laman VFS Global Centre dengan biaya sebesar NZ$ 246, sudah termasuk biaya retribusi International Visitor Conservation and Tourism (IVL) sebesar NZ$35. Siapkan visa Anda dari jauh-jauh hari, sebab proses pembuatannya bisa memakan waktu 20 hari kerja.

Beberapa penerbangan ke New Zealand membutuhkan transit di Singapura atau Australia. Jika penerbangan Anda transit di Australia selama lebih dari delapan jam, maka jangan lupa juga untuk menyiapkan visa transit Australia. Pastikan Anda mengikuti panduan cara untuk mendapatkan visa transit Sebelum berangkat ke New Zealand.

 
 
Suasana piknik di New Zealand saat musim gugur.


Musim Dingin di Tengah Tahun

Rasanya masih banyak juga orang yang belum menyadari New Zealand terletak di belahan selatan Bumi. Artinya, negeri ini memiliki musim yang berbanding terbalik  dengan negara-negara belahan bumi utara seperti negara-negara Eropa. Oleh karena itu, New Zealand memiliki cuaca yang dingin pada tengah tahun sepanjang Juni-Agustus dan musim panas pada Desember hingga Februari. Dua musim tersebut merupakan musim favorit para wisatawan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjalani liburan yang tidak terlalu ramai, periode shoulder season pada September-Oktober (musim semi) dan Maret-Mei (musim gugur) bisa menjadi alternatif Anda.

 
 
Tradisi Hongi suku Maori.


Berbagai Pengalaman Budaya
New Zealand merupakan Negara dengan ragam kebudayaan. Terutama kebudayaan suku Maori. Lengkapi kunjungan Anda ke New Zealand dengan pengalaman budaya seperti P?whiri, upacara tradisional penyambutan tamu suku Maori yang hangat dengan tari-tarian, nyanyian, dan salam khas Maori. Ada juga Hongi, tradisi saling menempelkan hidung untuk menciptakan koneksi “napas kehidupan” antara dua orang. Anda juga bisa mempelajari beberapa kata dalam Bahasa Maori, seperti sapaan khas suku Maori, “Kia Ora”. (SIR). Foto: New Zealand Tourism.



 

 


Topic

Travel Guide

Author

DEWI INDONESIA