5 Karya Perupa Tanah Air di Pameran “Present Continuous” Museum MACAN
Karya yang dipamerkan ini merupakan ekspresi seniman terhadap situasi pandemi dan perubahan sosial budaya di ranah lokal
13 Jan 2022


3. “Rebak Raung Warga” – Mira Rizky (Bandung)

“Rebak Raung Warga” – Mira Rizky (Bandung)

Mira Rizky menghadirkan karya instalasi menarik dalam pameran ini, berupa sederet tiang dengan kabel yang menyerupai jejaring listrik di pemukiman penduduk. Bunyi-bunyian mengisi ruang pamer karyanya ini, seolah mengajak pengunjungnya untuk masuk ke pemukiman warga di Kecamatan Regol, Bandung di tengah pandemi. Suara sirine ambulans atau pengumuman orang meninggal, misalnya, menimbulkan kecemasan di tengah masyarakat, sesuatu yang begitu umum terjadi selama pandemic berlangsung.
 
Dalam karyanya ini Mira juga mengangkat konsep gated community, atau masyarakat berpagar, yang dulu mengacu pada sekelompok orang yang tinggal di kompleks perumahan dengan bangunan-bangunannya yang berpagar. Konsep gated community yang terkesan eksklusif ini pun menurut sang seniman mengalami pergeseran di kala pandemi. Ini karena masyarakat yang tinggal di perkampungan pun mulai ‘memagari’ akses masuk ke pemukiman mereka, yang menjadi jalan alternatif bagi banyak pengendara motor akibat pengalihan jalur dari jalan utama di kota Bandung.
 
 

 


Topic

Art

Author

DEWI INDONESIA