5 Karya Perupa Tanah Air di Pameran “Present Continuous” Museum MACAN
Karya yang dipamerkan ini merupakan ekspresi seniman terhadap situasi pandemi dan perubahan sosial budaya di ranah lokal
13 Jan 2022


5. 9 Naga Jebor – UPTD Majalengka

"9 Naga Jebor" yang terdiri dari variasi produk terakota di Jatiwangi, Majalengka

Di karya kelima dalam pameran “Present Continuous/ Sekarang Seterusnya” di Museum MACAN ini, hadir produk terakota dari sembilan pabrik terakota di Jatiwangi, Majalengka. Produk pabrik terakota—serta instalasi tungku dan hiasan tanah liat—yang dipamerkan ini menyampaikan gagasan mengenai peradaban baru tanah liat.
 
Jatiwangi berupaya melakukan inovasi pemuliaan tanah liat, dan membangkitkan kembali kesadaran akan tanah liat yang merupakan kekhasan kota ini. Salah satunya adalah melalui aktivitas kesenian dan proyek Kota Terakota. Unit Pelaksana Terrakota Daerah (UPTD) merupakan satu dari ragam komunitas yang mendukung gerak dan pertumbuhan Kota Terrakota tersebut dengan menjembatani berbagai kepentingan warga masyarakat, komunitas, pengusaha, serta pemangku kepentingan lainnya, termasuk menghadirkan karya perajin di sana dalam pameran ini.
 
 
Museum MACAN juga memberlakukan aturan cashless, sehingga pengunjung perlu membeli tiket secara online terlebih dahulu. Tiket dapat dipesan di situs resmi www.museummacan.org atau mitra tiket daring (Traveloka, Tiket.com, Go-Tix dan Klook), dan sangat disarankan bagi pengunjung untuk mempersingkat proses masuk ke area museum. (UP) Foto: Museum MACAN.

 
 
 

 


Topic

Art

Author

DEWI INDONESIA