Kelola Sampah Sejak Dini dari Buku Panduan Sampahku, Tanggung Jawabku
Berkolaborasi dengan banyak pihak, masalah sampah coba diurai sejak dini dari sekolah maupun rumah.


1 / 4
Bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta Universitas Indonesia dan Yayasan Lentera Anak, Danone-AQUA meluncurkan buku panduan pengelolaan sampah untuk guru dan siswa sekolah dasar.

 
Peluncuran buku ini merupakan kelanjutan dari Gerakan #BijakBerplastik AQUA yang mendorong pengelolaan sampah plastik yang lebih bertanggung jawab dari berbagai lapisan masyarakat. Salah satunya dengan mengedukasi publik mengenai pentingnya perilaku 3R, termasuk kepada anak usia sekolah.


 
Buku panduan berjudul Sampahku, Tanggung Jawabku akan diluncurkan ke 75 sekolah dari Sabang sampai Merauke. Dikemas dengan pendekatan yang menyeluruh dan kreatif dan memperhatikan konteks lokal, materi buku mencakup pengetahuan terkait kategorisasi dan pemilahan sampah, serta pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi visual yang menarik dan media pembelajaran yang ramah anak, seperti lagu, poster warna-warni, dan permainan.

 
Pada fase awal peluncuran, Danone-AQUA bersama Universitas Indonesia dan Yayasan Lentera Anak akan melakukan Training of Trainers (ToT) yang melibatkan 150 guru perwakilan 75 sekolah dari 20 provinsi di Indonesia. Tujuan ToT ini adalah untuk memperkenalkan serta berbagi praktik terbaik dalam mengimplementasikan buku Sampahku, Tanggung Jawabku kepada guru-guru sekolah dasar.

 
Selain lewat pendidikan, Gerakan #BijakBerplastik Danone-AQUA juga ditunjang dengan pengembangan sarana infrastruktur pendukung seperti unit bisnis daur ulang, penyediaan dropboxes untuk mengumpulkan sampah plastik, kolaborasi multipihak seperti inisiatif #Bottle2Fashion, hingga peluncuran Aqua Life yang 100% terbuat dari plastik daur ulang sebagai manifesto pilar inovasi #BijakBerplastik. (WHY) Foto: Dok, Danone-AQUA

 

 

Author

DEWI INDONESIA