Bluesville dan Hijack Sandals Terpilih Sebagai Pemenang Fashion Force Award 2022
Sisi bisnis yang kuat serta inovasi yang hadir pada label busana menswear dan unisex footwear ini membawa keduanya menjadi pemenang penghargaan ini.
10 Nov 2022




Tujuh jenama lokal yang terpilih menjadi finalis Fashion Force Award 2022 akhinya menghadirkan koleksi mereka di runway Jakarta Fashion Week. Sebelumnya, ketujuh jenama ini telah melalui tahap kurasi dan penjurian sepanjang Agustus hingga Oktober lalu, yang penilaiannya menitikberatkan pada sisi bisnis masing-masing jenama.
 
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang memilih pemenang tunggal, Fashion Force Award tahun ini membagi finalis ke dalam dua kategori, yaitu ready to wear (RTW) dan aksesori. Ada empat jenama lokal di kategori RTW, yaitu A.N.W, Mote Mote, Bluesville, dan K.A.L.A Studio. Sementara itu ada tiga jenama lokal yang masuk kategori aksesori, yakni Jumpanona, Tigah Home, dan Hijack Sandals.

Jenama lokal inovatif

K.A.L.A Studio dengan koleksi kolaborasinya bersama Isha Hening

Masing-masing jenama lokal hadir dengan signature design yang khas serta konsep fashion show yang memikat. K.A.L.A Studio, misalnya, kembali berkolaborasi dengan seniman tanah air, yaitu Isha Hening, untuk koleksinya untuk JFW Fashion Force ini. Sederet motif cetak dalam grafis warna-warni pun kembali meramaikan everyday shirt, tube top, rok, dan items lain pada koleksinya kali ini.
 
Ada pula label busana A.N.W yang juga terpilih menjadi finalis Fashion Force 2022 ini. ANW kembali bereksplorasi dengan menyoroti metode non-tradisional, yang disalukan lewat desain modular yaitu renda makrame dalam koleksi terbarunya.

 
A.N.W yang menghadirkan teknik renda makrame pada deadstock fabric yang digunakannya

 
Beads atau mote-mote, yang menjadi signature embellishment dari label busana Mote Mote
 
Perhiasan dengan desain cantik nan puitis dari Jumpanona, serta sandal clogs Tigah Home


Sementara itu, Mote Mote yang berkolaborasi dengan Crocs menghadirkan 14 items busana termasuk shirt dress, blus lengan panjang maupun lengan pendek, serta shorts dan celana panjang. Beberapa pasang sandal clogs karet dari Clogs pun hadir berhias mote-mote yang menjadi signature embellishment label ini.
 
Mewakili kategori aksesori, lini perhiasan Jumpanona dan sandal Tigah Home juga mempresentasikan masing-masing enam looks dari koleksi teranyar mereka dengan konsep yang mengagumkan. Sederet perhiasan dengan tampilan yang begitu puitis hadir dari Jumpanona, yang terinspirasi dari reimajinasi kecantikan perempuan Bali era 1920-1930. Sementara itu, Tigah Home membagikan sederet sandal clogs dari material kulit berwarna hitam dan putih, dengan desain solnya yang khas.
 

Pemenang Fashion Force 2022

Tim juri tahun ini terdiri dari Toby Meadows (Fashion Business Consultant), Lisa Malonda (Representatif Istituto Marangoni untuk Indonesia), Cynthia Wirjono (Co-Founder Brightspot Market), Desy Bachir (Co-CEO Samara Live & IdeaFest), Mardyana Ulva (Editor Dewi Magazine) dan Chriselda Tantra (Retail Jr. Manager Fashionlink). Penilaian pada Fashion Force Awards didasarkan pada beberapa pertimbangan, di antaranya ciri khas produk dan inovasi desain, rencana bisnis, dan sejauh mana upaya-upaya yang dilakukan masing-masing label dalam bisnisnya.
 
Berdasarkan kriteria penilaian itulah, tim juri akhirnya menentukan bahwa dari tujuh label tersebut, terpilihlah Bluesville dari kategori busana dan Hijack Sandals dari kategori aksesori.

 
Bluesville, pemenang Fashion Force Award 2022 kategori Ready-to-Wear

 
Hijack Sandals, pemenang Fashion Force Award 2022 kategori Accessories

Koleksi Bluesville konsisten dengan pewarnaan alami mereka dari daun tinctori indigofera yang dapat menghasilkan warna biru. Warna-warna alami tersebut ditampilkan melalui outer dan celana dengan teknik pewarnaan splash. Ada pula kemeja linen, serta blazer yang memiliki ciri khas pewarnaan Bluesville.
 
Sementara itu Hijack Sandals muncul atraktif dengan tema Mystic yang terinspirasi dari eksplorasi kedalaman laut. Mereka menghasilkan alas kaki bulk bernuansa hitam serta spectrum Aquamarine. Koleksi yang mereka tampilkan antara lain tidak menutup jari kaki secara keseluruhan seperti yang sudah-sudah. Namun ada pula koleksi yang menutup jari kaki secara keseluruhan.
 

Dikirim ke Pelatihan Mode di Luar Negeri

Andandika Surasetja, Creative Director JFW 2023 saat mengumumkan pemenang mengatakan bahwa Fashion Force Award merupakan perayaan independensi dan kreasi tanpa batas. “Fashion Force Award ditujukan untuk melakukan kurasi pada label-label independen Indonesia untuk bisa berkembang lebih baik,” ujarnya.
 
Untuk memenuhi harapan tersebut. JFW bekerjasama dengan Istituto Marangoni memberikan pelatihan sebagai hadiah kepada para pemenang. Bluesville mendapatkan program pelatihan di Istituto Marangoni Dubai. Sementara Hijack Sandals akan dikirim ke Instituto Marangoni Milan.
 
Selamat untuk para pemenang, dan sampai berjumpa di Fashion Force Award tahun depan!
 
Foto: Jakarta Fashion Week

 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA