Estetika Busana Netral Gender “The Fluidity” dari Tanah Le Sae, Jan Sober, dan Hartono Gan
Dewi Luxe’s Market hadirkan koleksi busana netral gender lewat fashion show “The Fluidity” di Jakarta Fashion Week 2023
25 Oct 2022



Kebebasan ekspresi gender hadir dalam deretan busana yang dipresentasikan dalam show Dewi Luxe’s Market (DLM) Ready to Wear Menswear: “The Fluidity” di Jakarta Fashion Week (JFW) 2023, yang dihelat di The City Hall, Pondok Indah Mall 3, pada Senin (24/10/2022) malam lalu. Meski mengusung label busana pria, tiga jenama tanah air yang menampilkan koleksi terbarunya di show ini semua memberikan definisi keberagaman gender dan ekspresinya yang cair.

“Love & Sentimental” - Tanah Le Sae

Melankolia cinta hadir dalam koleksi bertajuk "Love & Sentimental" dari Tanah Le Sae

Perdana hadir di JFW, Tanah Le Sae menghadirkan sederet tampilan dengan desain busana yang umum dikenakan pria, tetapi dikreasikan kembali dengan material ‘feminin’ seperti brokat dan renda, yang merupakan material stok mati toko-toko kain hingga dari bahan-bahan sisa gorden, saputangan, dan bahan kursi. Presentasi koleksi berjudul “Love & Sentimental” inipun seolah menjabarkan melankolia cinta, yang yang tidak hanya terdiri dari hari-hari bahagia namun juga duka dan luka. sentuhan bunga dan siluet-siluet busana pernikahan dari berbagai era.

“(W)hole” – Jan Sober

Sederet look dengan siluet tegas dalam warna monokromatis yang memberi kesan modern dalam koleksi "(W)hole" dari Jan Sober

Koleksi dari Jan Sober juga hadir dengan interpretasinya sendiri tentang gender fluidity. Busana berpotongan tegas hadir dalam warna hitam, putih, dan cokelat yang menawan. Tema fluiditas yang diangkat dalam koleksi Spring/Summer 2023 ini diterjemahkannya sebagai  fleksibilitas dalam hal desain, tetapi di saat yang sama tetap tegas dalam identitas rancangannya.

“Glam Rock” – Hartono Gan Homme

"Glam Rock" koleksi busana netral gender yang dirancang untuk bisa dikenakan oleh bentuk tubuh laki-laki maupun perempuan 

Tema gender fluidity juga diterjemahkan Hartono Gan dengan ekspresif, mengambil inspirasi dari skena musik dekade ’70-an silam. Menurut sang desainer, era ini merupakan periode yang menarik karena ekspresi gender begitu terbuka dan bebas, dengan beberapa Ikon musiknya yang legendaris, seperti Mick Jagger dan David Bowie. Koleksi yang dihadirkannya kali ini pun menampilkan siluet yang secara proporsi dirancang untuk bisa dikenakan oleh bentuk tubuh laki-laki maupun perempuan, sesuatu yang diakui Hartono Gan sendiri sebagai sesuatu yang cukup menantang.


 
Koleksi dari Tanah Le Sae, Jan Sober, dan Hartono Gan Homme yang dipresentasikan di show ini merupakan beberapa brand yang juga hadir di Dewi Luxe’s Market (DLM), area belanja di Jakarta Fashion Week 2023, di Ground Floor Pondok Indah Mall 3, yang digelar selama sepekan penuh pada 24-30 Oktober 2023 dan didukung pula oleh partner otomotif JFW 2023, Mazda Indonesia. DLM merupakan Pasar fashion premium besutan majalah Dewi yang menghadirkan jenama premium yang terkurasi di satu area. DLM kembali dihelat untuk kedua kalinya setelah sukses digelar di acara Ramadan Fashion Festival 2022 lalu.
 

MARDYANA ULVA
Foto: Jakarta Fashion Week

 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA